14.4.17

ARTIKEL : DAPATKAN PENGALAMANNYA AMBIL SEMUA ILMUNYA (PENGALAMAN SIARAN)

Siti Hanifah
(16.310.410.1151)
Psikologi


Universitas Proklamasi 45


        Ingat akan pepatah yang mengatakan “ pengalaman adalah guru terbaik?”Tidak ada pengalaman yang sia-sia. Hal ini mengajarkan kepada saya bahwa kita termasuk saya sendiri bisa mengambil pelajaran/manfaat dari pengalaman yang terjadi kapanpun dan dimanapun. Kemarin bersama Bapak Fx. Wahyu Widiantoro S.psi. MA dengan Mbak Rere tanggal 12 April 2017 (20.00- 21.15) adalah suatu pengalaman ya... pertama kalinya saya ikut siaran, ini adalah pengalaman pertama yang saya alami. Entah apa yang membuat saya ingin mengikuti siaran tersebut karena saya sendiri menyadari dan paham betul bahwa untuk berbicara dan menyusun kalimat yang efektif untuk dilafalkanpun saya masih kesulitan/kesusahan. Namun saya terngiang akan nasehat teman saya “beranilah mencoba menantang mentalmu sendiri” dari situ saya meyakini keputusan yang saya ambil untuk siaran adalah tepat.
Siaranpun berlangsung kali ini siaran bertemakan “Mengenal dan Menyikapi Psikosomatis” Pertanyaan demi pertanyaanpun dilontarkan oleh penyiar dari asal mula kata psikosomatis, Akibat dan foktor yang mempengaruhi, kepada siapa kita berobat dan masih banyak lagi, tak luput pemirsa yang interaktif di RRI 91.1 FM pun terlihat sangat atusias sekali, terbukti dari banyaknya telfon dan sms yang masuk.
Dari masalah pribadi hingga masalah tetang anak cucunya ingin mereka sheeringkan. Terdengar jelas bahwa mereka betul-betul sangat antusias ingin mendapatkan jawaban/solusi dari apa yang akan diberikan.
Disitulah sejauh mana pengetahuan ditantang. Namun untuk pemula dan yang demam panggung seperti saya ini tentu sikap gerogi dan nervous yang melanda sulit ditangani dengan baik, hal yang dipelajari pun serasa hilang entah kemana. Itupun sudah mencoba sedikit sekali belajar dan sesekali membaca bayangkan jika sama sekali tidak pernah belajar ataupun membaca.
Dari situ saya menyadari bahwa masih banyak sekali hal yang belum saya tahu dan pelajari, betapa kerdil dan sombongnya jika tidak mau belajar belajar dan terus belajar disertai banyak membaca dan berlatih. 
Seperti kata-kata indah ini “Pengetahuan diperoleh dengan belajar, kepercayaan dengan keraguan, keahlian dengan berlatih, dan cinta dengan mencintai” Thomas Szasz -Psikiater asal Hungaria"
Dari situ pula saya yang sama sekali tidak mengenal psikologi medis pun jadi belajar banyak tentang berbagai hal, termasuk psikosomatis.
Psikosomatis “Suatu penyakit yang timbul karna pikiran kita sendiri dan berdampak/ sangat berpengaruh sekali pada tubuh/fisik kita.
Dari rangkaian huruf P S I K O S O M A T I F yang terdiri dari 12 huruf tersebut mengajarkan saya berbagai makna yang dapat diambil dalam hidup ini seperti bersikap ikhlas, menerima kenyataan, menghadapi dan menyelesaikan permasalan dan senantiasa berfikir maupun bersikap positif serta selalu terus berdoa.
Untuk temen-temen yang belum siaran ayo segera rasakan sensasinya dapatkan pengalamannya serta ambil semua ilmunya. :D
“Jika ragu dalam melakukan sesuatu, sebaiknya tanya kepada diri sendiri, apa yang kita inginkan esok hari dari apa yang telah kita lakukan sebelumnya. ”Jonh Lubbock -Pakar biologi inggris”

Salam Semangat dan Sukses :) :D 


0 comments:

Post a Comment