14.4.17

DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS ANAK

ARTIKEL : PSIKOLOGI UMUM II

DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS ANAK
Oleh                : Chatu Septiana
NIM                : 16.310.410.1155
Fakultas           : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta

Keluarga merupakan naungan dan tempat kembalinya serta tempat berlangsungnya pendidikan anak yang pertama. Kepribadian seorang anak tergantung pada pendidikan pertama seorang anak tersebut di lingkungan keluarganya. Dari hal karakter, nilai, dan norma berawal dari keluarga. Peran keluarga dalam pembentukan kepribadian anak sangatlah vital dan menjadi landasan bagi keberlangsungan hidup seorang anak. Penanaman kepribadian yang baik oleh keluarga kepada anak akan memunculkan generasi penerus yang baik pula, sedangkan ketika keluarga menanamkan kepribadian yang kurang baik, maka kemungkinan besar anak juga akan mengikutinya.
Istilah broken home  biasa digunakan untuk menggambarkan keadaan keluarga yang berantakan akibat orang tua tidak perduli lagi dengan situasi dan keadaan keluarga di rumah. Selain itu, broken home juga digambarkan sebagai keluarga yang tidak harmonis dan tidak seperti layaknya keluarga sejahtera lainnya. Kondisi ini menyebabkan anak mengalami sedih berkepanjangan, murung, menyendiri, dan tidak ada tempat untuk berkeluh kesah yang baik. Hal tersebut juga dapat menyebabkan keadaan psikologis anak terganggu, misalnya menjadi liar dan berperilaku arogan dan tidak terkondisikan. Terkadang menjadi parah sampai mengalami kehancuran kepribadian, kejiwaan dan bisa terjerumus ke pergaulan bebas.
Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa keadaan keluarga broken  home sangat berpengaruh bagi keadaan psikologis seorang anak. Hal ini dapat terjadi karena seorang anak yang seharusnya mendapat kasih sayang dan naungan dari keluarga, namun ia tidak mendapatkan haknya. Ketidakpedulian dan permasalahan yang dihadapi yang begitu keras membuat anak cenderug melampiaskan kekacauan hatinya pada perilaku dan keinginan mereka seperti terjerumusnya anak dalam pergaulan bebas.

Sumber :


Atriel. 2008. Brokenhome.wordpress.com. Diunduh pada tanggal 8 April 2017.

0 comments:

Post a Comment