15.4.17

Bersahabat dengan Sampah

Oleh Nurul Hidayah (153104101104)
Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

            Selama ini, bagi kita sampah itu tidak ada artinya dan tidak memiliki manfa’at karena kita menganggap bahwa sampah hanya akan menambah masalah dan memang sudah seharusnya sampah itu dibuang karena tidak ada nilai guna lagi. Belum lagi jika kita menumpuk sampah justru akan menciptakan masalah baru untuk kita dan juga lingkungan.
            Tapi taukah bahwa sampah itu tetap bisa kita manfa’atkan meski bagi kita tidak ada nilai guna lagi? Ada satu tempat yang akan membuat sampah itu bernilai dan justru mereka membutuhkan sampah tersebut untuk menghasilkan nilai tinggi.
            Selain itu, dengan adanya bank sampah yang membuat sampah menjadi bernilai, nilai dari sampah itu bisa menghasilkan uang untuk mereka yang mau ikut mendayagunakan sampah agar tidak hanya terbuang percuma. Karena masih sedikit masyarakat yang mau melakukan hal tersebut.
            Bank sampah menfasilitasi seluruh kalangan masyarakat agar lebih memperhatikan sampah sehingga sampah tidak hanya menjadi sebuah masalah tapi bisa menjadi sebuah penghasilan untuk mereka yang memberdayakan sampah.
            Dan dari bank sampah itu juga kita akan mengerti bahwa sampah itu menjadi tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat yang nantinya akan terasa menjadi lebih ringan ketika kita mau memulai dengan memberdayakan sampah tersebut melalui bank sampah.
            Sehingga pada akhirnya tidak hanya tanggung jawab kita untuk mengelola sampah dengan baik yang terpenuhi, namun juga masalah-masalah yang disebabkan oleh sampah bisa teratasi.




0 comments:

Post a Comment