15.4.17

BERKENALAN DENGAN PSIKOLOGI


BERKENALAN DENGAN PSIKOLOGI
Disusun Oleh: Asep Singgih Wijanarko ( 16.130.140.1158 )
PSIKOLOGI UMUM II
        Banyak sekali yang di pelajari di dunia ini oleh manusia. Berbagai disiplin ilmu yang menjadi sumber ilmu pengetahuaan manusia dari disiplin ilmu biologi,matematika,ekonomi dan sebagainya.Disipli ilmu ini Cukup di kenal baik oleh kita, Bagai mana tidak cukup akrab,  karna itulah yang kita pelajari dan kita dapat setiap harinya, di sekolah maupun di universitas.
        Lalu bagaimana dengan ilmu psikologi...?, mungkin kebanyakan orang awam akan berfikir kalu psikologi adalah ilmu yang dapat meramal seseorang,dapat mengetahui masa depan dan sebagainya. Apakah itu benar ...?. untuk menjawab pertanyaan-pertnyaan itu terlebih dahulu kita harus tau apa itu PSIKOLOGI.
      Secara umum PSIKOLOGI di mengerti sebagai “ilmu jiwa” pengertian psikologi sebagai “ilmu jiwa” di dasrkan pada terjemahan kata yunani yaitu: psych dan logos. Psyche yang berarti ”berpikir” dan logos yang berarti “ilmu”.  Dengan demikian psikologi di terjemahkan sebagi ilmu yng mempelajari jiwa.
      Sedangkan menurut” keller (1937)” psikologi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dan binatang.
       Setelah psikologi berkembang luas dan dituntut memiliki ciri-ciri sebagi di siplin ilmu pengetahuan , dan di anggaplah “jiwa” terlalu abstrak maka ilmu pengetahuan menghendaki objek dapat diamati,dicatat, dan diukur. Dengan demikian para ahli memandang psikologi sebagai “ilmu yng mempelajari prilaku”, karna prilaku di anggap lebih mudah di amati,dicatat dan di ukur.( J.B. Waston 1878-1958)
     Prilaku yang di amati ilmu psikologi tidak hanya mencakup prilaku yang terlihat kasat mata seperti makan,menagis,membunuh dan lain-laian namun di perluas mencakup prilaku tidak kasat mata seperti fantasi,motivas(kenapa membunuh) dan  juga mencangkup proses seseorang yang terjadai disaat tidak bergerak seperti tidur an lain-lain.
     Jadi ilmu psikologi dapat menentukan seperti apa karakter seseorang,kepribadian,emosional dan intelektualnya melalaui metode-metode  penelitian serta pengamatan,pencatatan hasail, serta pengukuran emosional,kecerdasan dan lain-lain.
      Maka psikologi bukanlah ilmu yang dapat meramal atau dapat mengetahui masadepan anda secra langsung, namun psikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadaian anda melalaui berbagai metode penelitian dan menyimpulkanya sebagai bahan acuan  untuk memperbaiki kepribadian anda yang dapat berpengaruh ke masa depan anda.
Daftar pustaka:  irwanto, dkk. 1989. psikologi umum buku panduan mahasiswa. Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama.

0 comments:

Post a Comment