15.4.17

Bank Sampah Memberdayakan Masyarakat


Oleh Nurul Hidayah (153104101104)
Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Bank Sampah merupakan program pemerintah dalam rangka mengajak masyarakat untuk bersama-sama  menanggulangi sampah. Masyarakat memandang bahwa program bank sampah ini adalah program yang hanya bertujuan untuk lingkungan, dan akan membuat pemukiman mereka menjadi lebih kumuh, dan bau akibat timbunan sampah di Bank Sampah (Mumtazah & Theresia, 2015).  Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama warga negara. Lingkungan yang bersih merupakan cerminan dari kepribadian masyarakatnya. Masyarakat yang baik seharusnya memahami bagaimana cara memperlakukan sampah. Masyarakat yang cerdas tentu sangat menyadari dampak negatif dari penelantaran sampah.
Bank sampah merupakan wujud pemberdayaan masyarakat. Mumtazah & Theresia (2015) menjelaskan bahwa keterkaitan bank sampah dengan pemberdayaan masyarakat selain peengelolaan lingkungan untuk mengurangi sampah, masyarakat juga mendapatkan pendidikan dalam memilah sampah, mendaur ulang sampah, masyarakat mampu mengidentifikasi masalah, dan memecahkan masalah sampah dengan program bank sampah. Selain itu program bank sampah juga memberikan penghasilan tambahan kepada masyarakat.


Referensi :

Mumtazah, Shofiyatul & Dra. Theresia, Indrawati, M.S. (2015). Pengelolaan Program Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Di Bank Sampah Bintang Mangrove Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Mahasiswa, https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

0 comments:

Post a Comment