14.4.17

Artikel: Tips dari Ahli Bedah dr Yesaya Baringin SpB FCSI Saat Kita Ingin Menolong Korban Kecelakaan

Tips dari Ahli Bedah dr Yesaya Baringin SpB FCSI Saat Kita Ingin Menolong Korban Kecelakaan
Ahmad Mutamakin
15.310.410.1088
Psikologi Abnormal


Berikut kutipan atau penjelasan dari dr yesaya baringin spB FCSI ahli bedah dan ketua trauma center RS Tebet
Yang di publikasikan oleh tribunnews.com
  Ini Tips dari Ahli Bedah dr Yesaya Baringin SpB FCSI Saat Kita Ingin Menolong Korban Kecelakaan
Istimewa
Pertolongan korban kecelakaan tidak boleh dilakukan sembarangan, misalnya mengangkat tubuh korban setidaknya dilakukan tiga orang
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kecelakaan memang bukan kejadian yang diharapkan siapa saja.
Namun jika suatu ketika Anda menemukan kejadian malang ini bagaimana Ansa bisa membantu?
dr Yesaya Baringin SpB FCSI ahli bedah dan  Ketua Trauma Center RS Tebet ini mengatakan tidak boleh sendirian saat menolong dan mengangkat korban.
"Pertama coba cek nadinya. Badannya diluruskan. Kemudian cobalah berteriak memanggil orang lain, minimal 2-3 orang untuk mengangkat korban," katanya saat Health Talk Tenda Sehat dalam rangka HUT 35 RS Tebet di Taman Tebet, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2017),
dr Berry  berpesan jangan sendirian apalagi sampai sembarangan menarik atau digeret ke pinggir jalan dari bagian leher atau kepala korban atau menarik bagian kaki saja.
Dikatakan, bagian leher merupakan pusat pernafasan, tulang belakang dan saraf.
Dan dalam kondisi awal belum diketahui kondisi si korban maka upaya pertama menolong malah bisa memperburuk kondisi saat sampai di rumah sakit.
Untuk memberikan leher kondisi yang terbaik, dan saat itu tidak ada penyangga leher (neck holder) maka bisa disiasati dengan melipat-lipat koran atau karton sebagai pengganti.
Untuk kaki atau tangan yang patah bisa pakai papan atau kalau dalam kondisi di daerah terpencil bisa pakai batang pohon dan diikat.
"Kalau korban berteriak-teriak sakit kemungkinan ada yang patah. Nah kalau tidak diikat bisa jadi tulang yang patah akan semakin parah patahnya," ucapnya
Sumber: tribunnews.com







0 comments:

Post a Comment