13.4.17

ARTIKEL PSIKOLOGI UMUM II : MENJADIKAN ANAK RAJIN MEMBACA SEJAK USIA DINI



MENJADIKAN ANAK RAJIN MEMBACA SEJAK USIA DINI


NAMA: NURUL WIDIASTONI
NIM: 163104101152
MATA KULIAH: PSIKOLOGI UMUM  II
FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45 YOGYAKARTA

            Kebiasaan membaca akhir- akhir ini sering di lupakan oleh kebanyakan orang, khususnya para generasi muda. Kebiasaan membaca perlu di latih sejak kecil agar anak selau terbiasa dalam memegang buku, yang pada akhirnya anak akan gemar dan hobi membaca. Sehingga buku menjadi tidak asing lagi pada anak. Peran orang tua sangat di perlukan dalam mendidik anak agar pandai dan giat membaca. Di masa yang serba modern ini, gemar membaca sangat di perlukan untuk menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan.
Sebelum pandai membaca seorang anak arus mengerti terlebih dahulu huruf. Sesudah ia mengenal huruf, barulah ia belajar merangkaikan huruf menjadi kata-kata yang berarti dan pada akhirnya, anak memahami suatu kalimat secara keseluruhan.
Budihasti (1983) mengutip pendapat Gray (dalam Dalman 1974) menyebutkan beberapa komponen membaca yaitu :
1.      Pengenalan kata-kata
Di sini penekananya pada pengenalan persamaan antara apa yang di ucapkan dan apa yang di tulis sebagai simbol istilahnya decoding.
2.      Pengertian
Selain mengenali simbol dan dapat mengucapkan ,dalam membaca adalah mengerti apa yang di baca.
3.      Reaksi
Diharapkan ada reaksi terhadap hal yaang di baca.
4.      Penggabungan
Asimilasi ide-ide yang di hadapkan dari mereka dengan pengalaman si pembaca di masa lalu.
Menurut Thomson (1970) waktu yang paling tepat untuk belajar membaca adalah saat anak duduk di TK. Pada masa ini rasa ingin tahu anak berkembang sehingga anak banyak melontarkan  pertanyaan-pertanyaan. Mereka juga lebih siap menerima hal-hal yang di lihatnya di sekolah. Di samping itu, ketertarikan anak pada hal-hal yang konkret semakin berkurang, dan sebaliknya kemampuan mereka berkembang menjadi lebih abstrak. Untuk itu, anak sudah dapat di libatkan pada simbol-simbol.
            Dengan mengajarkan membaca pada anak sejak usia dini di harapkan mampu menunjang prestasi anak di masa selanjutnya. Kemampuan membaca adalah hal yang mudah cuma yang menjadi perhatian adalah pola pembiasaan yang terus di ulang-ulang. Dengan begitu anak akan menaruh perhatian  dan penghargaan pada buku . Dimasa kanak-kanak awal ini anak mulai di ajari dan di latih bagaimana cara memegang buku, membuka halaman, mengenal gambar dan mengembalikan buku pada tempatnya.
            Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa peran orang tua sangat penting di dalam mendidik anak-anaknya. Di butuhkan kesabaran yang kuat untuk melatih anak belajar membaca sejak dini. Memang sangat berat dan sulit sekali dalam melatih seorang anak kecil, yang mana pada saat itu memang dunianya adalah bermain. Terutama bagi sosok ibu yang menjadi guru pertama bagi anak,sebelum memasuki usia sekolah. Di masa usia dini  orang tua tidak harus memaksa anak harus bisa membaca,menulis dll,tapi cukup biasakan saja anak dengan kegiatan atau aktivitas yang bisa membuat anak terbiasa dan nyaman untuk membaca.

DAFTAR PUSTAKA
Hawadi,R.A. 2001. Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta : PT Grasindo
                               

0 comments:

Post a Comment