12.4.17

ARTIKEL ,PSIKOLOGI UMUM, " ARTI TANDA BACA "

" ARTI TANDA BACA DALAM SETIAP TULISAN "


Ningnurani ( 16.310.410.1146 )
Fakultas : Psikologi 
Universitas Proklamasi '45 Yogyakarta



                          Menulis itu sepele dan hal yang setiap orang mudah dan bisa melakukannya. Tetapi menulis yang baik, tidak menyinggung serta  menyakiti hati orang itu ternyata bukan suatu hal yang mudah. Di zaman yang serba modern, dan hampir 99%, kehidupan kita tidak bisa lepas dari namanya media sosial dan gadget, hampir setiap hari, kita selalu berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain lewat pesan singkat/ SMS, Whatsapp dan lain sebagainya.Penggunaan tanda baca yang baik dan benar itu ternyata bukan hal yang mudah dan setiap orang bisa dan dapat memahami dengan baik. Ternyata banyak aspek yang harus kita ketahui di dalam setiap penulisan yang kita lakukan.
                       Tanda seru adalah tanda baca yang biasanya digunakan setelah suatu interjeksi atau kalimat seruan untuk menunjukkan perasaan atau suara tinggi dan sering menandai akhir suatu kalimat. Tanda seru umum ditemukan di berbagai bahasa dan sistem tulisan, meskipun dengan variasi makna dan simbol.
                      Fikiran adalah fungsi intelektual, mencari saling hubungan antar ide untuk memahami alam dunia dan memecahkan masalah .Perasaan adalah fungsi evaluasi, menerima atau menolak ide dan obyek berdasarkan apakah mereka itu membangkitkan perasaan positif atau negatif, memberi pengalaman subjektif manusia, seperti kenikmatan, rasa sakit, marah, takut,sedih, gembira,dan cinta. Fikiran dan perasaan adalah fungsi rasional, karena keduanya melibatkan keharusan memutuskan sesuatu : misalnya, apakah dua ide saling berhubungan atau tidak ( berfikir ) atau sesuatu itu menyenangkan atau tidak menyenangkan ( perasaan ).( Carl Gustav Jung, dalam buku : Psikologi Kepribadian, edisi revisi ,Alwisol, hal : 46 ).
                   Menjadi pribadi yang tahu siapa dirinya sendiri, dan  menjadi orang yang selalu terbuka menerima setiap kritik dan saran adalah cerminan pribadi yang sehat , dan yang terpenting adalah memiliki " kecerdasan emosional" akan menjadikan hidup lebih bermakna. Karena hidup adalah proses dari belajar, kalau tidak salah, kita tidak akan tahu benarnya.Dan kita harus bersyukur, karena semakin sering kita dikritik berarti, banyak orang - orang yang sayang dengan kita dan tidak menginginkan kita melakukan kesalahan yang lebih lanjut.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_seru  ( 4/12/2017, 7:15 pm )
Buku : Psikologi Kepribadian ( Edisi Revisi, Alwisol, Umm Press ).


0 comments:

Post a Comment