12.4.17

ARTIKEL PSIKOLOGI UMUM 2

ARTIKEL PSIKOLOGI UMUM
JUDUL : BEBAN ANAK TIRI
PENULIS : FATKHUL AZIZ
NIM         : 16.310.410.1141
suatu keluarga  yang bahagia  bisa mngalami perubahan  mana  kala  salah satu diantarannya meninggal dunia .perubahan itu sangat dirasakan  terutama oleh anak anaknya ketika orang tuannya menikah lagi,hal itu kedudukan anak menjadi anak tiri. Ketika mendengar kata tiri dalam benak kita muncul suatu asosiasi adanya kekejaman yang luar biasa.
            Kehadiran si tiri ,khususnya seorang ibu tiri bisa membuat kejiwaan anak tersiksa sehingga hidupnya tidak tentram.jika diamati perubahan  yang terjadi pada anak  dengan hadirnya orang tua tiri  ada dua kemungkinan .kemungkinan petama  anak melawan kehadiran si tiri dengan menunjukan seolah – olah membela orang tua aslinya ,kemungkinan kedua anak menarik diri dari tali kasih percintaan atau kasih sayang orang tuanya.kedua kemungkinan tersebut terjadi dalam angan –angan si anak sehingga berpengaruh terhadap kejiwaan si anak
            Jika kejadian seperti ini ditemui dalam suatusekolah,guru dan orang tua harus mengambil langkah untuk kebaikan sianak .berdasar buku psikologi kepribadian karya purwa atmaja prawira ,langkah – langkah yang dapat i tempuh oleh guru :
Pihak guru menhubungi orang tua untuk memberikan masukan agar memperbaiki  kondisi anak.demi kepentingan masa depan anak agar baik dan sukses.pihak orang tua harus bersedia berkorban untuk anaknya misal sempatkan waktu untuk mendapingi anaknya dalm belajar.
            Selain itu guru bisamemberikan saran demi kebaikan anaknya yaitu ,ciptakanlah suasana damai dalam keluarga sehingga membuat anak merasa nyaman ketika di rumah, anak tidak perlu di tekan baik dengan ucapan, perlakuan ,kewajiban ,anak perlu diberi kesempatan atau ruang yang seluas luasnya dalam belajar.
            Jadi kesimpulannya apabila menjalankan langkah langkah itu dengan baik dan orang tua selalu mendampingi dan memberikan perhatian akan dapat memulihkan kondisi kejiwaan anak dengan demikian anak dapat segera bangkit.
            DAFTAR PUSTAKA

PRAWIRA ATMAJA PURWA.2014.PSIKOLOGI PENDIDIKAN dengan perspektif baru.yogyakarta.arruzz media

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat. Untuk referensi artikel psikologinya silahkan kunjungi www.fpsi.gunadarma.ac.id

    BalasHapus