9.4.17

ARTIKEL: PSIKOLOGI (BAGAIMANA PIKIRAN BEKERJA)

ARTIKEL:  PSIKOLOGI (BAGAIMANA PIKIRAN BEKERJA)

Nama Mahasiswa: Irwanto
NIM. 16.310.410.1125
Mata Kuliah: Psikologi Industri dan Organisasi


Fakultas Psikologi
Program Studi Psikologi Umum
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Dr. Josep Murphy (1997) menjelaskan adanya dua tingkatan pada pikiran kita, yaitu tingkat alam sadar atau rasional dan tingkat alam bawah sadar atau irasional. Kita berpikir dengan pikiran sadar kita, dan seperti apa pun kebiasaan kita untuk berpikir akan masuk ke dalam pikiran bawah sadar kita, yang kemudian berkreasi sesuai dengan sifat dasar dari semua gagasan kita. Pikiran bawah sadar adalah tempat dari emosi-emosi, ini merupakan pikiran kreatif.

Murphy (1997) menjelaskan bahwa pikiran sadar dan pikiran bawah sadar bukanlah dua buah pikiran. Mereka hanyalah dua bidang kegiatan dalam satu pikiran. Pikiran sadar adalah pikiran penalaran, merupakan fase pikiran yang memilih. Contoh: Anda memilih pasangan hidup atau rumah. Anda memutuskan semuanya dengan pikiran sadar. Di sisi lain, tanpa pilihan sadar apa pun di pihak anda, hati anda terus berfungsi secara otomatis, dan fungsi-fungsi penting dari pencernaan, peredaran darah, dan pernapasan diteruskan oleh pikiran bawah sadar anda melalui proses yang mandiri dari kendali pikiran sadar anda.
Pikiran bawah sadar menerima apa pun yang terekam padanya atau apa yang anda yakini secara sadar. Ia tidak menalar segala sesuatu keluar pikiran sadar anda, dan tidak mendebat anda secara controversial. Jadi pikiran bawah sadar tidak terlibat dalam membuktikan apakah pengalaman anda, baik atau buruk, benar atau salah. Ia menanggapi sesuai dengan sifat dasar dari pikiran atau saran-saran anda.
Sebagai rinkasan Dr. Murphy (1997) menyampaikan beberapa hal untuk memanfaatkan pikiran semaksimal mungkin. (1) pikiran hal-hal yang baik, maka hal baik akan mengikuti anda, bukan yang buruk. (2) pikiran bawah sadar anda tidak berargumentasi dengan anda. (3) anda memiliki kekuatan untuk memilih. (4) pikiran sadar anda adalah penjaga di pintu gerbang. Fungsi utamannya adalah untuk melindungi pikiran bawah sadar anda dari pengaruh atau kesan yang salah.

SUMBER: Dwi Putri, A. (18 Maret 2017). KOMPAS. Akhir Pekan: Konsultasi, Bagaimana Pikiran Bekerja. Hari Sabtu. Halaman 25.
  

    

0 comments:

Post a Comment