22.4.17

Artikel : Perilaku Agresi





ARTIKEL : PERILAKU AGRESI 

Oleh :

NIKEN LARASATI
16.310.410.1135
PSIKOLOGI SOSIAL I

            Dewasa ini kita sering kali mendengar bahkan melihat tindak kekerasan yang terjadidalam lingkungan sekitar kita. Tidak jarang pula pada lingkungan keluarga. Keluarga yang seharusnya menjadi contoh teladan bagi putra-putrinya, entah itu secara sadar atau tidak, saat ini justru malah berbalik mencelakai. Hal ini dapat kita lihat makin maraknya kasus kekerasan dalam rumah tangga, dan juga penyiksaan terhadap anak.
            Terkadang kita dapat menyaksikan perilaku sadistik di lingkungan tetangga atau teman dekat kita sekalipun. Sangat disayangkan di lingkungan kita tidak lagi tercipta rasa aman. Hal ini dapat memicu konflik sosial, seperti tidak akan percaya kepada setiap orang di sekitar kita, kita juga akan selalu cenderung waspada.
            Hal itu bagus, tetapi terlalu curiga terhadap orang lain juga akan menimbulkan efek yang tidak baik. Jika dibiarkan akan mencapai taraf yang lebih parah, seperti paranoid yang berlebihan. Selain itu baik pelaku atau korban tetap akan dirugikan. Si pelaku akan masuk penjara, sedangkan paling parah adalah korbannya akan meninggal.
            Agresi adalah segala bentuk kekerasan yang disengaja terhadap makhluk lain dengan tujuan untuk melukainya dan pihak yang dilukai tersebut berusaha untuk menghindarinya. Agresi dapat terjadi melalui pemodelan atau pembelajaran.
Adapun perilaku agresi itu sendiri dikarenakan berbagai faktor, antara lain : faktor Biologis, Naluri atau Insting, Amarah, Frustasi dan faktor Sosial Learning . Perilaku agresi merupakan masalah utama dalam masyarakat. Oleh karena itu, perilaku agresi perlu dikurangi  dengan cara mengurangi frustasi, mengajari anak untuk tidak berlaku agresi dan memberikan hukuman bagi pelaku agresi. Dengan cara seperti itu agresifitas akan berkurang.

SUMBER :

Hudaniah Tri Dayakisni. 2003. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press
Gerungan. 1996. Psikologi sosial. Bandung: PT ERESCO

0 comments:

Post a Comment