9.4.17

ARTIKEL: NORMALISASI SUNGAI MANTRAS, PERINGATI HARI AIR SEDUNIA

Normalisasi Sungai Mantras, Peringati Hari Air Sedunia
Wahyu Relisa Ningrum
15.310.410.1087
Psikologi Lingkungan



            Normalisasi Sungai Mantras ialah kegiatan bersih bersih sungai dan mengembalikan peran sungai mantras seperti semula. Normalisasi sungai tidak terlepas dari kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dari sampah. Sungai sebagai salah satu sarana pertanian sangat penting untuk dilestarikan. Masyarakat sebagai pengguna wajib untuk menjaga, melestarikan dan memanfaatkan sungai dengan bijaksana.  
Hari Air Sedunia jatuh yang jatuh pada tanggal 22 Maret, Pemerintah Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman bersama Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBW-SSO), dan pihak yang terkait lainnya mengadakan kegiatan bersih-bersih Sungai Mantras, Minggu 19 Maret 2017. Kegiatan normalisasi Sungai Mantras menghasilkan satu truk sampah. Peran dari Sungai Mantras sangat vital yaitu untuk irigasi sawah bagi Padukuhan Soropadan, Pringgolayan dan sebagainya. Kegiatan tersebut sebagai salah satu dari bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan (Tribun Jogja, 22 Maret 2017).
            Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai setiap harinya sangat diperlukan agar sungai bersih dan terbebas dari sampah. Dan tidak menutup kemungkinan sungai bisa menjadi tujuan wisata lokal baru, khususnya wahana wisata edukasi bagi pelajar maupun mahasiswa.
           Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai setiap harinya sangat diperlukan agar sungai bersih dan terbebas dari sampah. Dan tidak menutup kemungkinan sungai bisa menjadi tujuan wisata lokal baru, khususnya wahana wisata edukasi bagi pelajar maupun mahasiswa. Bank sampah dapat menjadi salah satu solusi nyata dalam pengelolaan sampah. Pemisahan menurut jenisnya dan adanya sampah daur ulang dapat menjadikan masyarakat sadar akan besarnya manfaat yang akan didapat dari kegiatan pemisahan sampah menurut jenisnya. Salah satunya mendatangkan keuntungan berupa materi sejumlah tertentu. Walaupun jumlahnya tidak begitu besar. Sungaiku bersih, sungaiku bebas dari sampah.
            
           
Sumber:
App. (22 Maret 2017). Normalisasi Sungai Mantras Hasilkan Satu Truk Sampah. Tribun Jogja. (8).


0 comments:

Post a Comment