22.4.17

Artikel: Motif

MOTIF
Ana Istiqomah (16.310.410.1126)
Psikologi Sosial 1


Berawal dari sebuah mimpi, manusia meneruskan hidupnya. Dan dari mimpi itulah, berbagai usaha dilakukan demi mewujudkannya. Ada yang mati-matian memperjuangkannya, namun ada pula yang menyerah ketika telah mencicip kegagalan.
Dalam psikologi, kita mengenal motif dan motivasi. Motif ialah rangsangan, dorongan, atau pembangkit tenaga bagi terjadinya suatu perbuatan atau perilaku. Sedangkan motivasi merupakan istilah yang merujuk pada seluruh proses gerakan itu, termasuk situasi yang mendorong, dorongan yang timbul dalam diri individu, perilaku yang ditimbulkan oleh situasi tersebut dan tujuan atau akhir dari tindakan atau perbuatan. Dan dari motif ini melahirkan sikap.
Sebagai contoh, seorang mahasiswa mendapat tugas dari dosen. Telah disebutkan pula kriteria-kriteria yang harus dipenuhi agar mendapat nilai tertinggi. Untuk mencapai nilai tertinggi itu, ia berusaha keras untuk memenuhi kriteria-kriteria yang telah dicanangkan. Ia ingin memenuhi keinginannya mendapat nilai tertinggi itu, agar ia dapat lolos dalam seleksi beasiswa yang telah diincarnya. Oleh sebab itu, ia berusaha keras untuk mendapatkannya meski berbagai kesulitan menghambatnya.
Terkadang, keteguhan hati dan kuatnya keinginan dapat membawa individu melakukan berbagai cara demi memenuhinya. Dalam hal ini superego benar-benar bekerja ekstra untuk tetap mengingatkan ego agar tetap berada di jalan yang benar.

Daftar pustaka
Gerungan, W. A.. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.


0 comments:

Post a Comment