14.4.17

ARTIKEL: GANGGUAN HIPOKONDRIK

GANGGUAN HIPOKONDRIK
Wahyu Relisa Ningrum
15.310.410.1087
Psikologi Abnormal

Gangguan Hipokondrik ialah suatu preokupasi yang tidak disertai dengan waham dan terjadi selama 6 bulan disertai dengan perasaan takut terhadap suatu penyakit serius (Maslim R.,2003; Sadock B.J, 2007 dalam Setiawan, 2014). Gangguan hipokondrik merupakan salah satu gangguan psikiatri yang termasuk ke dalam gangguan somatoform (Ajiboye P.O., 2013; Masilm R., 2003 dalam setiawan, 2014).
Contoh kasus gejala gangguan hipokondrik yang dialami salah satu pasien perempuan yang berumur 28 tahun adalah sebagai berikut, sakit kepala, mudah lelah, tidak berenergi, konsentrasi menurun, nafsu makan berkurang, berdebar-debar, kadang-kadang gemetar, berkeringat dan sulit tidur terutama saat memulai dan mempertahankan tidur. Sulit tidur terjadi karena pasien sering mengalami sakit kepala. Gejala-gejala ini muncul setelah pasien mengalami tekanan psikilogis saat anak pertamanya mengalami sakit berat. Pasien khawatir, takut kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada anak-anak dan pasien.Dan segala keluhan yang dialami pasien selalu dikaitkan dengan kemungkinan adanya penyakit yang serius pada kepalanya (Setiawan, 2014).
Gejala-gejala yang dialami oleh pasien tersebut, secepatnya harus dikonsultasikan dengan psikiatri. Sehingga akan mendapatkan penanganan yang khusus. Keyakinan yang menetap terhadap suatu penyakit serius yang menimbulkan berbagai gejala dan menyebabkan pasien melakukan pemerikasaan berulang-ulang merupakan gangguan hipokondrik. Psikoterapi sangat diperlukan dalam penanganan kasus ini, sehingga apabila secepatnya ditangani maka diharapkan tidak mengganggu fungsi sosial, pekerjaan dan fungsi lainnya pasien tersebut.

Daftar Pustaka:


Setiawan,I. M. A. (2014). Gangguan Hipokondrik: Sebuah Laporan Khusus. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali. (1-). http://download.portalgaruda.org/article.php?article=151071&val=970&title=GANGGUAN%20HIPOKONDRIK:%20SEBUAH%20LAPORAN%20KASUS. Diakses tanggal 10 April 2017.

0 comments:

Post a Comment