10.4.17

ARTIKEL: DARI SAMPAH MILIKI TABUNGAN BERMANFAAT

DARI SAMPAH MILIKI TABUNGAN BERMANFAAT
AHMAD MUTAMAKIN
15.310.410.1088
PSIKOLOGI LINGKUNGAN


yang di maksud adalah bank sampah: nah bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah  kering dan di pilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan, tapi yang di tabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung juga di sebutnasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya di kembalikan dengan sampah seharga uang yang di pinjam.
Seperti contoh artikel yang saya baca yaitu tribunnews.com di bawah ini:

Sampah yang selama ini menjadi biang masalah berhasil dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga di Jalan Berlina IV Guntung Manggis, Kota Banjarbaru.
Sejak setahun belakangan, atas inisiatif warga, dibentuklah Bank Sampah Karya Mulyo.
Yayu, penggerak sekaligus istri ketua RT setempat menjelaskan Bank Sampah Karya Mulyo banyak dimanfaatkan warga, khususnya ibu rumah tangga untuk menabung.
"Jadi setiap ibu rumah tangga memiliki buku tabungan. Uang pembelian sampah dimasukkan ke buku tabungan masing-masing," jelas Yayu kepada Banjarmasin Post.
Bank Sampah Karya Mulyo buka setiap Minggu awal pekan tiap bulannya, seperti terlihat Minggu (6/3/2016) pagi. Penuh semangat para ibu rumah tangga mengantarkan barang bekas dan sampah ke Bank Sampah Karya Mulyo. Seluruh pengurusnya adalah ibu-ibu rumah tangga komplek setempat.
Banyak manfaat yang diperoleh dari bank sampah, yaitu mengedukasi masyarakat agar mampu mengelola sampah organik dan nonorganik, mulai dari lingkungan rumah.
Selain itu, adanya buku tabungan, setiap ibu rumah tangga kini memiliki simpanan uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu.
"Yang dibeli adalah sampah nonorganik, seperti botol bekas, plastik, kertas sampai besi. Harganya bervariasi. Kalau sudah di bersihkan pun beda harganya dengan yang masih kotor," jelas dia.
Tak cuma di situ, Yayu berencana mengembangkan bank sampah menjadi pusat usaha ibu-ibu rumah tangga. Bank sampah ini merupakan inisiatif masyarakat yang dibina BLHD Kota Banjarbaru.
Sumber:
Green.kompasiana.com, tribunnews.com dan berbagai sumber lainnya

0 comments:

Post a Comment