27.3.17

RESENSI ARTIKEL BUKU: PSIKOLOGI UMUM (BUKU PANDUAN MAHASISWA)



RESENSI ARTIKEL BUKU: PSIKOLOGI UMUM
(BUKU PANDUAN MAHASISWA)

RESENSI ARTIKEL BUKU:
PSIKOLOGI UMUM (BUKU PANDUAN MAHASISWA)

Irwanto (NIM. 16.310.410.1125)
MATA KULIAH: PSIKOLOGI UMUM 2
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Judul Buku    : Psikologi Umum (Buku Panduan Mahasiswa)
Penulis            : Drs. Irwanto
Penerbit          : PT. Total Grafika, Jakarta
Tebal              : xix+305; 13x20
Cetakan          : 1; Februari 2002
ISBN               : 979-683-414-6

Dalam buku ini, materinya sangat bervariasi dan terperinci sehingga penjelasannya muda dipahami terutama para pemula untuk memasuki dunia ilmu psikologi. Pada dasarnya jiwa manusia dibedakan menjadi dua aspek, yaitu aspek kemampuan (ability) dan aspek kepribadian (personality). Aspek kemampuan meliputi belajar, inteligensia, dan bakat, sedangkan aspek kepribadian meliputi watak, sifat, penyesuaian diri, minat, emosi, sikap dan  motivasi. Ilmu tentang kepribadian cangkupannya sangat luas, teori ini sangat maju dalam pengenalan yang lebih luas tentang kepribadian manusia. Kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai sifat dan konsep diri orang. Jika diteliti lebih lanjut proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan kepribadian seseorang. Jadi secara umum, dapat dikatakan bahwa kepribadian merupakan suatu proses dinamis di dalam diri, yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga ego merupakan internalisasi dari norma sosial dan kultural masyarakatnya, id dan super ego seringkali bertentangan, dan ketiganya berada dalam alam bawah sadar manusia.

Buku ini memberikan secara garis besar untuk memahami secara umum mengenai psikologi sebagai ilmu, dasar-dasar biologis perilaku, perkembangan individu, persepsi, belajar, intelegensia, motivasi, kepribadian dan perilaku penyimpangan. Teori-teori yang digunakan disesuaikan dengan topik sehingga mudah dimengerti sesuai dengan pemahaman psikologi secara umum. Jadi hubungan kausal dalam bidang psikologi memang bukan pekerjaan mudah, akhir-akhir ini semakin disadari bahwa suatu gejala psikologi tidak mempunyai hubungan univariat (tunggal) dengan penyebabnya. Sehingga dalam buku ini juga menceritakan mengenai penyebab-penyebab gangguan mental, beserta dengan penyebabnya. Motivasi menurut Irwanto adalah keadaan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas tertentu guna pencapaian suatu tujuan, motivasi meliputi: motivasi berprestasi, motivasi berkarier, motivasi pelayanan, dan motivasi kerja. Sikap, yaitu meliputi, konsep sikap belajar, peranan sikap belajar, sikap sosial, dan sikap terhadap tugas.Minat, yaitu meliputi usaha, minat dan kelelahan, realistis, investigatif, artistik, sosial, enterprising, dan konvensional.
Kelebihan buku ini adalah, pembahasan materi dalam buku ini mengalami pertambahan atau  perluasan dari buku sebelumnya. Pada setiap pembahasan yang diberikan pasti terselip beberapa contoh-contoh kasus sehingga memudahkan para pembaca dalam mengetahui dan memahami materi. Kajian dalam buku ini mengenai psikologi umum ditinjau dari segi teoritis perkembangan fisik, serta prilaku dan penyimpangan atau kenakalan remaja yang dapat memberikan sumber informasi serta referensi yang penting bagi mahasiswa, pendidik, konsultan, dan aparat yang berkecimbung dalam dunia psikologi serta yang tidak kalah penting adalah orang tua yang menjadi penompang utama dalam terbentuknya jiwa individu itu sendiri. Buku ini juga dilengkapi dengan satuan acara perkuliahan serta latihan soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Penulis juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga tidak sulit untuk memahami setiap kalimat yang dimaksudkan.
Kelemahan dalam buku ini tidak dijelaskan secara spesifik upaya-upaya yang lebih mendalam dalam menangani problem setiap materi tetapi hanya memberikan penjelasan yang secara umum saja.
                Kesimpulan: Pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan material seperti sel, kromosom, butir darah, rambut, lemak, dan tulang tidak dapat dikatakan berkembang melainkan tumbuh. Pertumbuhan dinyatakan dalam bentuk perubahan yang terjadi pada bagian-bagian material, tetapi pertumbuhan itu sendiri mempunyai sifat kesatuan dan keumuman, dalam hal ini suatu organisme.

DAFTAR PUSTAKA
Irwanto. (2002). Psikologi Umum (Buku Panduan Mahasiswa). PT. Total Grafika. Jakarta.
  



0 comments:

Post a Comment