12.1.17

RESENSI ARTIKEL : PROMOSI POTENSI DESA SECARA ONLINE

RESENSI ARTIKEL : PROMOSI POTENSI DESA SECARA ONLINE

Karang Taruna Brosot Jadi Pilot Project Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa (Sipkade)

WAHYU RELISA NINGRUM

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

           
Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa (Sipkade) ialah sebuah sistem yang digagas lembaga YouSure (Youth Study Center) UGM untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan menjual potensi desa ke dunia luar. Sistem ini akan dijalankan oleh karang taruna untuk menggali potensi desa dan mengenalkannya pada dunia. Sipkades memuat semua potensi alam, budaya, SDM, pertunjukan, peninggalan sejarah, peta, buah tangan, dan lainnya.
            Dalam membangun eksistensi karang taruna, diperlukan saling tukar pengalaman, kerjasama dengan pihak luar yang mempunyai kemampuan untuk membantu pengembangan karang taruna berikut potensi desa.  Diharapkan karang taruna desa diberikan kewenangan sesuai kemampuan. Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menyambut baik ditunjuknya Brosot sebagai Pilot Project Sipkade.
         
   Berbagai tantangan harus dihadapi generasi muda saat ini, tentunya tantangan juga terasa berat seiring dengan kemajuan zaman yang semakin dinamis, ucap Jumanto.
Hal positif artikel ini yaitu dipaparkan dengan jelas potensi apa saja yang bisa digali dan diperkenalkan pada dunia.
Hal negatif dari artikel ini adalah tidak dijelaskan contoh tantangan apa saja yang dihadapi generasi muda pada saat ini. Baik tantangan dari dalam diri, lingkungan dan masyarakat luas.


Sumber : Tribun Jogja, 14 Desember 2016. Halaman 8

0 comments:

Post a Comment