12.1.17

RESENSI ARTIKEL : PEMDES BANGUNJIWO GELAR LOMBA MACAPAT

RESENSI ARTIKEL : PEMDES BANGUNJIWO GELAR LOMBA MACAPAT

WAHYU RELISA NINGRUM

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

          
  Lomba macapat adalah sebuah kompetisi menembangkan tembang Jawa. Lomba kali ini peserta diwajibkan menembangkan Dhandhanggulo Pasowanan yang isinya tentang sejarah berdirinya Desa Bangunjiwo dan tembang pilihan Asmorondono Slobog atau Mijil Roro Manglung. Bertempat di Joglo Desa Bangunjiwo sebanyak 65 peserta mengikuti lomba Macapat dalam rangka HUT ke-70 Desa Bangunjiwo pada tanggal 5 Desember.
            Ki Santoso Wiguna sebagai pengasuh paguyuban mengatakan forum ini sebagai media para pecinta macapat di Bangunjiwo baik yang masih taraf belajar maupun yang sudah mahir. Juga untuk ikut melestarikan budaya warisan para leluhur yang sangat adiluhung. Paguyuban macapat Desa Bangunjiwo sering mendapatkan kesempatan untuk tampil mengisi acara di Radio Suara Kenanga Yogyakarta dan RRI Yogyakarta.  
Hal positif artikel ini yaitu dapat menjadi inspirasi dan motivasi generasi muda dalam melestarikan budaya. Sehingga tidak kalah dengan warga lain, khususnya di Desa Bangunjiwo.
Hal negatif dari artikel ini adalah tidak dijelaskan siapa saja yang dapat mengikuti lomba macapat tersebut(tidak jelas batasan umur).


Sumber : Tribun Jogja, 8 Desember 2016. Halaman 8

0 comments:

Post a Comment