10.1.17

RESENSI ARTIKEL : MULAI DARI HAL KECIL



RESENSI ARTIKEL : MULAI DARI HAL KECIL

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Keberhasilan seseorang tidak serta merta langsung pada posisi yang paling atas atau posisi yang nyaman saat ini. Perlu perjuangan untuk mencapai keberhasilan tersebut. Keberhasilan ini tidak lepas dari berbagai hal yang dikerjakan oleh seseorang. Bagaimana usaha seseorang itu akan membawa hasil yang maksimal tidak lepas dari mulai hal-hal kecil yang dia lakukan. Kesederhanaan KBPH Prabu Suryodilogo yang akrab dipanggil Bimo menjadi teladan bagi kita semua. Beliau dari keluarga kerajaan tetapi tidak membanggakan apa yang beliau punya. Beliau berusaha dari nl untuk memulai kesuksesannya. Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur beliau menjabat sebagai kepala Biro Administrasi Kesra dan Masyarakat DIY.

Perjuangan beliau untuk menjadi seorang pejabat tidaklah mudah. Beliau melamar , mengurus administrasi sendiri. Tahap pertama beliau tidak diterima sebagai pegawai negeri. Apabila beliau ingin bisa diterima dengan mudah , beliau bisa menyampaikan ke pejabat gubernur dan bisa langsung diangkat karena pejabatnya adalah kakek beliau sendiri. Tetapi hal itu tidak dilakukan, beliau lebih memilih untuk usaha sendiri. Akhirnya pada tahap yang kedua beliau diterima menjadi pegawai negeri.
Ketika diangkat menjadi wakil gubernur, beliau akan lebih fokus utuk pengembangan dan melestarikan kebudayaan di Yogyakarta yang sekarang sudah mulai berubah. Kota Yogyakarta yang dikenal dengan kota budaya sudah mulai tergusur dengan banyaknya hotel-hotel yang berdiri dimana-mana. Beliau akan melakukan hal-hal kecil tapi konkret dalam upaya melestarikan kebudayaan Yogyakarta. Misal, melakukan rekonstruksi seni tari, memperbaiki perpustakaan, merawat wayang, dan menghidupkan kembali seni membuat batik.
Beberapa hal positif yang bisa kita ambil dari artikel ini antara lain, kesederhanaan beliau dalam bergaul terhadap siapapun tanpa membedakan kedudukan. Motivasi diri yang tinggi untuk bisa berhasil menggapai cita-cita tanpa memanfaatkan fasilitas yang ada. Selain itu prinsip beliau , lakukan sesuata dari hal-hal yang kecil perlu kita contoh, karena hal-hal kecil itulah salah satu faktor yang mendukung keberhasilan kit.

Sumantri, B.S (2016). Mulai dari Hal Kecil. Kompas, Selasa, 5 Januari ,hal 16.

0 comments:

Post a Comment