10.1.17

Kuliah Lapangan di TK KAMULAN


Kuliah Lapangan di TK KAMULAN

Melinda Rahail
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kuliah lapangan merupakan suatu hal yang bikin penasaran, ragu -ragu, tertantang, menakutkan bahkan membahagiakan. Semua punya alasan tersediri, khususnya bagi saya seorang mahasiswa psikologi. Kuliah lapangan itu sesuatu yang bikin deg degan namun menatang.

Kuliah lapangan di semester lima (5) ini kami (saya dan teman- teman)  diajak mengujungi TK Kamulan , ini untuk mata kuliah Psikologi Klinis dan Psikologi Kognitif. Yahh, untuk dua mata kuliah sekaligus. Kebetulan dosen pegampuhnya satu, pak FX. Wahyu Widiantoro,


Sesampainya di TK, saya cemas, ragu, bingung karena ini pengalaman pertama bagi saya yakni mengajar dan kali ini kepada adik- adik di TK Kumulan. Harus saya akui jika salah satu penyebabnya adalah sifat saya yang kurang sabaran.

Saat memasuki ruangan kelas, kami melakukan perkenalan terlebih dahulu. Kemudian kami melanjutkan dengan menggambar. Dan saat itu, setiap dari kami membimbing dua anak sekaligus, kebetulan yang mengikuti kuliah lapangan di hari pertama itu sedikit saja. Namun, kami tetap dibantu oleh guru dan pegasuh di Tk tersebut.




Setelah selesai, kami pamit pulang. Dan saat berjalan menuju parkiran, dosenku bertanya
“Jadi gimana teman- teman?”
“Memang harus sabar pak, butuh kesabaran ini” jawabku
“Iya memang harus seperti itu, jadi teman- teman boleh belajar dari kuliah lapangan hari ini”
Kata dosenku sambil menutup percakapan dan kami langsung berpisah


Kesimpulannya adalah kesabaran itu penting dan harus tetap diasah serta dijaga agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

0 comments:

Post a Comment