12.1.17

“KAPAL PEMUDIK KANDAS di MALUKU”

RESENSI ARTIKEL
“KAPAL PEMUDIK KANDAS di MALUKU”
SITI ASMAUL HUSNA
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA






KM Sinabung adalah kapal motor yang mengangkut 359 pemudik dari kota Ambon menuju kota Tual. KM Sinabung keluar dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada hari kamis sekitar pukul 00.30 WIT. Sebelumnya, ia mengangkut penumpang dari Ternate dan Bintung.
Berdasarkan informasi dari Suster B. Renyaan, salah seorang penumpang KM Sinabung kapal tiba – tiba melambat kemudian berhenti sekitar pukul 18.30 WIT. “kemi lihat dari atas air sangat dangkal, untung tidak ada angin atau gelombang sehingga kapal tidak miring” ujarnya. Sekalipun tidak ada korban jiwa, kejadian itu membuat penumpang panik dan trauma. Dari pihak PT Pelni (Persero) saat dihubungu mengatakan belum bisa memastikan penyebab kandasnya KM Sinabung, ia hanya mendapat laporan, kapal kandas sekitar 7 mil dari pelabuhan Tual.
Sementara itu, 3 hari sebelum natal aktifitas di pelabuhan, penyebrangan, stasiun kereta api, dan terminal meningkat. ASDP menyiapkan 54 kapal (roro) untuk melayani warga yang akan berlibur natal dan tahun baru. Dari jumlah tersebut, setiap hari sejumlah 28 kapal roro dioperasikan secara bergiliran. Sedangkan tiket kereta api tnggal 22-24 100% terjual dari semua stasiun yang ada di jakarta ke jawa. Selain kereta api, sebanyak 44.871 bus disiapkan untuk mengangkut penumpang. (FRN/ZAK/WIE/VIO/ILO/GER)

Kompas, Jumat, 23 Desember 2016

Kelebihan     : tidak terfokus pada satu informasi, jadi sekali baca kita mendapat beberapa informasi.

Kekurangan : informasi kurang lengkap atau kurang mendalam.

0 comments:

Post a Comment