6.12.16

FENOMENA GENERASI Z



FENOMENA GENERASI Z
Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Istilah generasi Z masih asing di dengar oleh kebanyakan orang. Apa itu sebenarnya Generasi Z ? generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang waktu antara tahun 1995-2010. Generasi Z sering juga disebut dengan iGeneration atau Generasi Internet karena lahir pada masa era digital. Individu yang termasuk dalam Generasi Z sejak dini sudah mengenal atau mungkin bisa juga diperkenalkan dan terbiasa dengan berbagai macam dan bentuk gadgets serta aplikasi yang canggih tersebut. Beberapa karakteristik dari generasi Z antara lain :
·         Fasih Teknologi. Mereka adalah “generasi digital” yang mahir dan gandrung akan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer.  Mereka dapat mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan secara mudah dan cepat, baik untuk kepentingan pendidikan maupun kepentingan hidup kesehariannya.
·         Sosial. Mereka sangat intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan, khususnya dengan teman sebaya melalui berbagai situs jejaring, seperti: FaceBook, twitter, atau  melalui SMS. Melalui media ini, mereka bisa mengekspresikan apa yang  dirasakan dan dipikirkannya secara spontan. Mereka juga cenderung toleran dengan perbedaan kultur dan sangat peduli dengan lingkungan.
·         Multitasking.  Mereka terbiasa dengan berbagai aktivitas  dalam satu waktu yang bersamaan. Mereka bisa membaca, berbicara, menonton, atau mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan. Mereka menginginkan segala sesuatunya dapat dilakukan dan berjalan serba cepat. Mereka tidak menginginkan hal-hal yang bertele-tele dan berbelit-belit.
·         Karakteristik tersebut memiliki dua sisi yang berlawanan, bisa positif- memberikan manfaat bagi dirinya dan atau lingkungannya- atau justru malah negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun lingkungannya. 

Permasalahan yang berkaitan dengan generasi Z tersebut dibahas secara lengkap dalam Talkshow Psikologi dengan tema “ Fenomena Generasi Z” pada Sabtu, 26 November 2016 di Ruang Seminar Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Acara yang diikuti oleh mahasiswa, guru, dosen, praktisi dan peserta umum ini di buka oleh Ibu Dewi Handayani ,S.Psi., M.Psi selaku Wakil Rektor II. Menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Bapak Djoko Sutrisno, S.Psi dari BKKBN, Bapak Armunanto dari UNICEF, Bapak Adji Waskito,SE, Asisten Manajer Matahari Department Store dan Ibu Ir. Dian Yudhawati, S.Psi.,M.Psi, acara ini berjalan lancar. Interaktif antara peserta dengan narasumber berlangsung semakin seru dengan dipandu oleh ibu DR. Arundati Shinta,MA sebagai moderator acara tersebut.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas Psikologi ini dengan tim panitia yang keren-keren bekerjasama dengan beberapa pihak sponsor diantaranya BRI, warung SS, Kangen Water, Alifa Group dan RBTV. Tujuan dari kegiatan ini selain meningkatkan pengetahuan tentang dunia remaja di era globalisasi saat ini juga memberi gambaran alternatif pendampingan yang optimal bagi generasi Z.
Harapan dari kegiatan ini adalah mahasiswa khususnya panitia yang terdiri dari gabungan antar semester untuk mampu menyelenggarakan suatu kegiatan dan mampu bekerjasama dalam suatu organisasi, serta mampu mengaplikasikan ilmu-ilmu psikologi itu sendiri dalam kegiatan, ungkap Bapak Wahyu Widiantoro, S.Psi.,MA selaku penanggung jawab acara Talkshow ini.

0 comments:

Post a Comment