15.11.16

Ringkasan Artikel : Memberdayakan Kaum Perempuan

Inspirasi : Memberdayakan Kaum Perempuan

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Salah satu cara memberdayakan masyarakat biasanya ditujukan kepada kaum perempuan. Pemberdayaan perempuan adalah upaya meningkatkan kemampuan perempuan untuk memperoleh akses dan control terhadap sumber daya, ekonomi, politik, sosial, budaya, agar perempuan dapat mengatur diri dan meningkatkan rasa percaya diri untuk mampu berperan dalam dan berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah, sehinggan mampu membangun kemampuan dan konsep diri.
Sebagai distributor Tupperware khususnya di daerah Magelang dan Kedu Selatan, Kuswinani Pramono mempunyai dedikasi kuat dalam pemberdayaan kaum perempuan, salah satu cara yang dilakukan dalam upaya pemberdayaan kaum perempuan yaitu dengan cara mengajak perempuan lain agar menjadi mitra Tupperware untuk membantu suami mereka dalam mencari penghasilan tambahan. Sebelum itu, Kuswinani juga selalu menyarankan kepada mitra Tupperware untuk memegang dua prinsip penting yakni membantu suami dan selalu meminta izin sebelum memulai bisnis.
Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa di Tupperware ada proses pendidikan untuk masing-masing jenjang karier. dan beliau mempunyai mimpi untuk mengubah harkat hidup kaum perempuan. Beliau menganggap bahwa perempuan bisa didorong untuk terus berkembang dan berdaya.

Sumber : Pramono. K. (2016). Inspirasi : Memberdayakan Kaum Perempuan. Kompas. 10 Oktober. Halaman 24.

0 komentar:

Posting Komentar