2.11.16

RESENSI ARTIKEL : PENATAAN BUKU DI RAK BIKIN BINGUNG (Dinamika Perpustakan Negara)

RESENSI ARTIKEL : PENATAAN BUKU DI RAK BIKIN BINGUNG
(Dinamika Perpustakaan Negara)

WAHYU RELISA NINGRUM

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

            Perpustakaan yaitu salah satu fasilitas yang digunakan untuk membaca dan meminjam berbagai buku bacaan. Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bantul dikeluhkan pengunjung karena buku koleksi tidak tertata dengan rapi dan kadang buku yang sedang dicari pengunjung tidak ada di rak. Hal ini mengakibatkan ketidakpuasan pengunjung terhadap pelayanan Perpusda.
            Menanggapi keluhan tersebut, Pustakawan Perpusda Bantul Suyatna, salah satu hal yang perlu dibenahi yaitu terus berupaya menambah koleksi koleksi buku, sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Tercatat jumlah pemustaka tahun 2014 ada 214.611 orang, tahun 2015 ada 218.521 orang dari total penduduk Bantul usia 5 sampai 59 tahun yang berjumlah 774.401 orang.

            Selain buku koleksi tidak tertata dengan rapi, ada juga didapati pengunjung yang meminjam buku tetapi tidak dikembalikan atau bahkan yang dikembalikan setelah bertahun-tahun dipinjam. Oleh karena itu diperlukan pembenahan segera dan berupaya menambah koleksi buku.
            Hal positif dari artikel ini adalah adanya penjelasan tentang penyebab buku-buku tidak ada di raknya. Kritik terhadap artikel ini adalah tidak dijelaskan tentang kinerja dari pegawai perpusda dalam penanganan penataan buku.
           
             
Sumber : Tribun Jogja, 7 September 2016. Halaman 9


0 comments:

Post a Comment