1.11.16

Resensi Artikel: Pembuka Jalan Selam Ilmiah

Pembuka Jalan Selam Ilmiah
Muhammad Duha Saputra Kusnadi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Rikoh Manogar Siringoringo orang Indonesia pertama yang beroleh lisensi Europan Scientific Diver dari The German Commission for Scientific Diving pada Juli 2016. Rikoh menjalani pelatihan dan ujian teori serta praktik selama sekitar enam pecan di Jerman dan Swedia bersama sembilan peserta lain dari berbagai Negara. Riko yang memiliki latar belakang pendidikan S-1 sarjana teknik tak menghalangi keinginannya mempelajari laut.
Dan Rikoh kuliah kembali untuk mengambil gelar Magister Sains bidang ulmu biologi laut. Keberhasilan Rikoh ini mebuka jalan bagi Indonesia untuk melakukan standarisasi selam ilmiah yang sama dengan Negara lain.
Saat ini Rikoh sedang menyiapkan penerusnya yang diseleksi dari 20 penyelam menjadi 10 penyelam untuk dididik sebagai penyelam ilmiah dengan kualifikasi seperti dirinya. Dan Rikoh akan dibantu lima instruktur dari Jerman untuk menguji 10 penyelam sesuai standar The German Comnision for Scientific Diving. Rikoh berharap LIPI bisa menjadi pusat pelatihan bagi Negara-negara lain dikawasan regional.
Kelebihan artikel ini adalah Rikoh bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia kedepannya bahwa kalau ada cita-cita dan ada usaha yang keras untuk meraihnya kita akan dapat mendapatkannya dan bisa membanggakan orang sekitar kita. Kekurangan artikel ini adalah kurang banyaknya campur tangan Negara sendiri terhadap SDM yang ingin menjaga ekosistem laut yang ada di Indonesia sendiri.

Referensi Artikel:
Rinaldi, I. (2016). Pembuka Jalan Selam Ilmiah. Kompas, 27 September 2016, Halaman16.


0 comments:

Post a Comment