26.10.16

Resensi Artikel : Pendidikan 24 Jam

Pendidikan 24 Jam

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan maupun pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Di Indonesia pendidikan sangat beragam, dari sekolah yang sudah mendapatkan fasilitas yang memadai maupun fasilitas yang belum memadai. Selain itu, pendidikan juga memiliki peraturan yang berbeda-beda misalnya seperti peraturan proses belajar mengajar.


Peraturan yang berbeda dengan sekolah-sekolah umum lainnya yaitu diterapkannya pendidikan 24 jam, yang biasa dilakukan di pondok-pondok pesantren. Salah pondok pesantren yang menerapkan pendidikan 24 jam yaitu Pondok Modern Gontor, pondok ini sudah berdiri sejak tahun 1926, dan sudah banyak alumni dari Pondok Modern Gontor yang menjadi orang yang sukses.

Semua siswa yang ada di pesantren tersebut tidak pulang ke rumah, tetapi tidur, makan, belajar, dan hidup di dalam pesantren, di bawah asuhan guru dan kiai yang juga tinggal di sana. Semua dilakukan bertujuan untuk mengajarkan kepada para sisiwa untuk belajar menjadi orang yang mandiri, yang di tuntut untuk dapat merawat diri sendiri, mulai dari mencuci baju, mengatur makan, dan sampai mengatur jadwal belajar.

Selain itu, ada juga yang lebih berbeda yaitu keberhasilan Gontor yang menggunakan software yang dikenal dengan Panca Jiwa. Panca Jiwa yang diterapkan dengan sungguh-sungguh itu meliputi, jiwa keikhlasan, jiwa kesederhanaan, jiwa berdikari, jiwa ukhuwah islamiyah, dan jiwa kebebasan. Software ini diterapka bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas. Gontor juga termasuk lembaga pendidikan yang lebih mengedepankan pembentukan karakter yang diharapkan agar menghasilkan manusia merdeka yang bermanfaat luas.

Sumber : Fuadi. A. (2016). Pendidikan 24 Jam. Kompas. 29 September. Halaman 7.


0 comments:

Post a Comment