26.10.16

RESENSI ARTIKEL : MEMULIAKAN KEBAIKAN ALAM



RESENSI ARTIKEL : MEMULIAKAN KEBAIKAN ALAM

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Pertanian organik adalah adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Di Indonesia sangat berpotensi untuk dikembangkan pertanian organik. Tanaman yang biasanya dikembangkan untuk pertanian organik antara lain padi, sayuran, buah, dan rempah-rempah.  Sistem pertanian organik ini semakin hari semakin berkurang pengembangannya. Hal ini karena banyaknya lahan pertanian yang sudah dirubah menjadi pemukiman, selain itu banyak warga yang tidak mau menjadi petani. Hanya beberpa orang saja yang masih berkemauan untuk mengembangkan pertanian organik ini. Atas keprihatinannya terhadap susahnya mendapatkan sumber makanan yang sehat, bebas dari pestisida dan minimnya pemenuhan makanan bergizi maka tergeraklah hati ibu Nissa Wargadipura untuk menggiatkan pertanian organik ini kembali.

Langkah pertama yang dilakukan beliau adalah memanfaatkan lingkungan sekitar pesantren yang beliau dirikan untuk mulai mengembangkan tanaman organik. Bersama dengan santrinya, beliau mengolah tanah pertaniannya dengan berbagai tanaman pangan dan sayur serta obat-obatan. Kebaikan dari artikel ini adalah terdapat penjelasan untuk memanfaatkan lingkungan disekitar untuk pengembangan pertanian organik,informasi berbagai tanaman sekitar yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan. Selain membudidayakan pertanian organik, ibu Nissa juga menggiatkan warga sekitar untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sebagai bentuk kepedulian dengan masyarakat sekitar, beliau menyediakan makan siang untuk korban banjir di wilayah Garut yaitu makanan yang sehat dan bergizi.
Apa yang dilakukan oleh ibu Nissa ini harusnya mendapat dukungan dari pemerintah untuk bisa dikembangkan dan dijadikan role model bagi petani yang lain. Apabila kesadaran masyarakat terhadap makanan yang sehat yang bisa diperoleh dari bertani organik ini tinggi, maka akan lebih bisa mewujudkan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang sehat. Masyarakat juga lebih bisa menghargai alam sebagai suatu ekosistem yang harus dijaga keseimbangannya dengan cara mengurangi pemakaian pestisida secara berlebihan untuk menyuburkan tanaman mereka. 

Helmy , C. (2016). Memuliakan Kebaikan Alam. Kompas, 04 Oktober, hal 16.

0 comments:

Post a Comment