13.10.16

RESENSI ARTIKEL : EDUKASI MELALUI WISATA MUSEUM

RESENSI ARTIKEL : EDUKASI MELALUI WISATA MUSEUM

WAHYU RELISA NINGRUM

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA



Yogyakarta Night at The Museum adalah suatu komunitas yang peduli terhadap museum. Pada umumnya museum dikunjungi pada waktu pagi dan siang hari, tetapi komunitas ini mengajak masyarakat untuk berwisata ke museum pada waktu malam hari. Ada tiga kegiatan besar yang dilaksanakan komunitas ini nyaris setiap bulannya, yaitu Night at The Museum, Kids In Museum, dan Kelas Heritage.
Night at The Museum dikemas atraktif agar pengunjung meyerap nilai-nilai sejarah yang ada di museum. Permainan juga disiapkan untuk menjadi evaluasi dari kunjungan tersebut. Pada tahun 2014, komunitas Yogyakarta Night at The Museum membuat terobosan dengan mengadakan Kids In Museum yang membidik segmen anak-anak berusia 6 sampai 12 tahun untuk mengunjungi museum di pagi hari. Tujuannya menjawab keinginan orangtua untuk bisa mengajak anak-anaknya ke museum sekali dalam sebulan. Kelas Heritage adalah salah satu wadah masyarakat dalam mempelajari heritage di seputar Yogyakarta, seperti cagar budaya bersifat kebendaan dan mempelajari batik, baik dari sisi sejarah dan cara pembuatannya.
Beberapa hal positif yang dapat diambil dari artikel antara lain sejak dini  memperkenalkan kepada anak-anak tentang wisata edukasi sejarah yang berupa kunjungan ke museum, candi-candi di Yogyakarta dan  sisi sejarah maupun cara membuat batik.
Kritik terhadap artikel ini tidak dituliskannya cara-cara menjadi anggota komunitas Yogyakarta Night at The Museum. Karena pada dasarnya diperlukan regenerasi dalam komunitas Yogyakarta Night at The Museum.

Sumber : Tribun Jogja, 25 September 2016. Halaman 12.


0 comments:

Post a Comment