21.10.16

psikologi inovasi : Penjaga Napas Batik Ciwaringin

Penjaga Napas Batik Ciwaringin

FIKI FATIMAH
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
YOGYAKARTA
Add caption


UKM sapu jagat adalah Usaha Kecil Menengah yang didirikan oleh Dinas Koperasi kabupaten Cirebon pada tahun 2009,UKM ini awal berdiri hanya beranggotakan 15 pebatik yang masih bertahan untuk melestarikan batik Ciwaringin waktu itu,karena sebagian besar para warga mayoritas menjadi TKI saat itu.
Para warga memilih menjadi TKI di bandingkan menjadi pebatik karena  pada tahun 1990-an batik ciwaringin mulai surut dikarenakan kalah saing dengan batik printing yang harganya lebih murah.
Selain itu menjadi TKI  menurut para warga lebih menggiurkan karena tawaran gaji jutaan rupiah di setiap bulannya menjadi iming-imingnya.
Hanya saja waktu dimana para warga berbondong-bondong untuk mengadu nasib di luar negri,pasangan Nursalim dan Iim Rohimah yang sama-sama dari keluarga pebatik tidak seperti yang lain untuk mencoba mengadukan nasib ke luar negeri.
Justru pasangan ini bertahan untuk tetap melestarikan batik Ciwaringin meski keuntungannya sangat minim,Nursalim hanya percaya bahwa suatu saat nanti batik ciwaringin akan berdiri lagi,terjawablah sudah penantian yang di nanti pasangan itu pada tahun 2011,dari penawaran bantuan pemasaran dan pelatihan manajemen dari program tanggung jawab sosial perusahaan CSR.

Saat itu pasangan nursalim dan iim di tawari pameran 5-6 kali,hingga akhirnya yang di awal mereka hanya meraup keuntungan 5000 – 10.000 per batik,saat ini mereka beruntung meraup untung lebih dari 100.000 .
Dari situ para TKI pun mulai kembali lagi ke desa dan memilih untuk menjadi pebatik lagi.

Sumber : Kompas. 2016. Budi Suwarna . Penjaga Napas Batik Ciwaringin  . 21 Oktober. Hal. 16

0 comments:

Post a Comment