19.10.16

Psikologi Inovasi : Dosen Urusan Jamban

Dosen Urusan Jamban


Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Dosen di Politeknik Kesehatan Jakarta yang bernama Abie Wiwoho Hantoro adalah seorang peneliti,konsultan dan praktisi , dosen ini memilih untuk blusukan ke lapangan untuk mengajarkan bagaimana mengelola air tinja dengan baik.

Dosen ini sebelum menjadi dosen di Politeknik kesehatan jakarta merupakan perantau di Manado, Sulawesi Utara yang bekerja sebagai petugas pengawas air minum dan jamban keluarga,yang di kenal di masyarakan dengan julukan mantri WC dan mantan penjahit pakaian.

Abie meneliti dan menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk mempelajari tinja,septic tank dan air limbah,ia meneliti sistem hingga 15 tahun,dan pada akhirnya ia menemukan formula untuk mengembangkan tangki septik di lingkungan padat penduduk perkotaan pada tahun 2013 di sekitar jakarta.


Ia mengenalkan tangki septik komunal menggunakan formula “Wiro Sableng” 212 sebagai patokan ukuran tangki formula temuannya,Dan tangki formula yang di rancang oleh Abie dapat di abngun di bawah ruang tamu,kamar atau pun di bagian rumah lain.

Dalam pengembangan tangki yang di rancang oleh dosen Politeknik Kesehatan Jakarta ini memanfaatkan bahan-bahan bekas untuk membangun IPAL Komunalnya.


Abie melakukan semua penelitiannya karena keprihatinannya terhadap masyarakat yang terkena serangan penyakit yang di sebabkan oleh buruknya sistem sanitasi.



Sumber : Kompas. 2016. Purnama Sari Dian . Dosen Urusan Jamban . 19 Oktober. Hal 16.

0 comments:

Post a Comment