29.10.16

MENGASAH KEMAMPUAN BERBICARA YANG BERKARAKTER MELALUI PSIKOLOGI BERBAGI

MENGASAH KEMAMPUAN BERBICARA YANG BERKARAKTER
 MELALUI PSIKOLOGI BERBAGI
Irnaningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                                                       

Salah satu bekal bagi seorang first graduate adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, benar, dan berkarakter. Hal ini tentu tidak serta merta datang pada diri seorang lulusan S1. Kemampuan berkomunikasi yang baik mampu mengantar seorang fisrt graduate bersaing dalam dunia kerja. Komunikasi yang baik mampu menjadi skill dan nilai lebih bagi seorang first graduate. Bahkan dengan komunikasi yang benar di depan khalayak,mampu mengantarkan seseorang menjadi pencipta lapangan kerja bukan lagi seorang pencari kerja.
Untuk menyikapi fenomena di atas maka,mahasiswa fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 melakukan bukti nyata yaitu melakukan acara “Psikologi Berbagi” ke beberapa SMA/ SMK sederajad. Salah satu kunjungan itu ke SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta pada hari Jumat 7 Oktober 2016.Di sini mahasiswa berlatih untuk mengasah kemampuan berbicara yang real. Tidak hanya melulu mendengarkan teori-teori yang memenuhi sinaps otak para mahasiswa. Acara di kemas dengan penyampaian materi yang menarik, games, dan pesan-pesan moral pada generasi muda. Para siswa sangat antusias mengikuti acara psikologi berbagi ini. Dan antusiasme mereka menjadi energi tersendiri yang menambah kepercayaan diri kami dalam melakukan acara ini.
Kepala SMA Negeri 1 Banguntapan,Drs.Ir.H.Joko Kustanta,M.Pd mengatakan “kami sangat senang dengan acara Psikologi Berbagi ini,dan para siswa pun sangat antusias, kami juga menyambut hangat untuk kerjasama selanjutnya”. Pernyataan tersebut beliau sampaikan ketika acara telah selesai. Tentu saja pernyataan ini menambah energi positif bagi kami mahasiswa psikologi Universitas Proklamasi 45 yang mengasah kemampuan dalam komunikasi.
Acara ini membawa angin segar bagi perkuliahan mahasiswa Universitas Proklamasi 45,khususnya fakultas psikologi. Mahasiswa psikologi hendaknya mampu memiliki skill berkomunikasi yang tidak hanya benar tetapi juga berkarakter mengingat bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku. Dan ternyata para mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45 mampu berbuat nyata tidak hanya teoritis saja.
 

0 comments:

Post a Comment