15.8.16

KEIKUTSERTAAN MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA DALAM ACARA SEMINAR & CALL PAPER DI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

KEIKUTSERTAAN MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA DALAM

SEMINAR & CALL PAPER DI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

 Wahyu Relisa Ningrum
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukkan pada ketidakmampuan mental, emosi, atau fisik.  Menurut data terbaru, jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia tercatat mencapai 1.544.184 anak dengan 330.764 anak (21,42 persen) berada dalam rentang usia 5-18 tahun. Dari jumlah tersebut, hanya 85.737 anak berkebutuhan khusus yang belum mengenyam pendidikan di sekolah, baik sekolah khusus ataupun inklusi.
Hal inilah yang mendorong diadakannya Seminar Nasional bertajuk “Aktualisasi Potensi Anak Bangsa Menuju Indonesia Emas” yang diadakan di Universitas Muria Kudus tanggal 13 Agustus 2016. Seminar ini diadakan dengan tujuan menyadarkan dan memberi wawasan kemampuan deteksi dini dan intervensi psikologis pada ABK sebagai salah satu upaya mewjudkan generasi emas Indonesia tahun 2045.

Seminar Nasional dibuka oleh Rektor UMK Bapak Dr. Suparnyo, SH, MS. “Ketersediaan sekolah khusus anak berkebutuhan khusus di Indonesia untuk jenjang PAUD sampai Perguruan Tinggi masih kurang, sehingga diperlukan perhatian yang besar dari pemerintah terutama dalam hal anggaran khusus bagi anak berkebutuhan khusus” ungkap bapak Suparnyo. Dijelaskan pula oleh Dekan Fakultas Psikologi UMK Iranita Hervi M., S.Psi., M.Psi., dalam kata sambutannya bahwa bersikap kepada anak berkebutuhan khusus adalah dengan melalui potensi yang ada pada diri mereka dan diperlukan kajian lebih lanjut dalam penanganan anak berkebutuhan khusus.
Narasumber acara tersebut yaitu Dr. Indun Lestari Setyono M.Psi., selaku pakar Gifted Child dan Konsultan Anak Berkebutuhan Khusus, Biro Konsultasi Psikologi Dwipayana Bandung yang memaparkan materi ‘’Strategi Pendampingan Orangtua atau Guru yang Memiliki Siswa Gifted” dan RM. Maulana Chandra Wibawa, selaku Ketua Yayasan Cinta Harapan Indonesia Autism Center/YCHI Jakarta dengan materinya bertajuk ‘’Cara-Cara Mengajar dan Membimbing Anak-Anak Berkebutuhan Khusus”. 

Puncak acara yang paling ditunggu oleh mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, terutama empat mahasiswa Fakultas Psikologi  Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta adalah Call for Paper. Call for Paper yaitu acara pemaparan hasil penulisan atas pemikiran mahasiswa baik berupa gagasan yang kritis dan kreatif maupun hasil penelitian terhadap suatu permasalahan yang terjadi di masyarakat yang disertai solusi atas permasalahan tersebut. Acara tersebut juga diikuti mahasiswa dari Universitas Persada Indonesia, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Universitas Negeri Makasar hingga Universitas Muria Kudus sebagai tuan rumah.
Empat mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta tersebut adalah Nurul Hidayah, Wartono, Tri Welas Asih dan Wahyu Relisa Ningrum. “Senang dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi diri sendiri, Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dan keluarga, semoga ke depannya dapat memberikan motivasi lebih besar bagi diri sendiri dan teman-teman mahasiswa untuk menulis call for paper ”, Ungkap Nurul Hidayah. Dijelaskan pula oleh Wartono bahwa keluarlah dari zona nyaman untuk selalu mencoba hal yang baru terutama untuk mengikuti ajang menulis karya ilmiah yang bergengsi, salah satunya dengan mengikuti call for paper.
Semoga dengan semakin banyaknya mahasiswa mengikuti acara Seminar Nasional dan Call for Paper dapat menggali kreativitas dan mengembangkan potensi diri yang ada pada diri mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta khususnya, serta dapat menjadi salah satu bekal/ modal mahasiswa dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang semakin keras.
Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Arundati Shinta dan Bapak Fx. Wahyu Widiantoro yang selalu membimbing dan mendampingi kami dalam setiap kegiatan yang diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, serta Universitas Proklamasi Proklamasi 45 Yogyakarta sebagai kampus tercinta, sehingga acara yang diikuti dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete