23.6.16

PEER CURE :Tetap Bersyukur Meski Omzet Penjualan Menurun

Part.9



Tetap Bersyukur Meski Omzet Menurun

Fadli Amin

(153104101100)
Fakultas Psikologi
Universitas proklamasi 45
 Yogyakarta
 


   Jika pada hari-hari biasa warung warmindo milik pak yanto mampu mendatangkan jumlah omzet penjualan yang cukup lumayan besar,  satu hari beliau rata-rata mampu mendapat omzet sekitar kurang lebih 500- 650 ribu rupiah/ perhari, berbeda ketika pada waktu puasa ramadhan , menurut beliau penjualan di bulan puasa memang biasanya akan cenderung menurun , dalam beberapa hari ini semenjak bulan puasa, beliau hanya mampu mendapat omzet sekitar 250- 300 ribu perhari. Karena memang warmindo milik pak yanto jika di hari-hari biasa ramainya pass di siang hari.  Meski begitu beliau tetap merasa bersyukur dengan hasil yang di capainya tersebut, pak yanto juga jauh-jauh hari telah memperkirakan jika situasi kondisi warungnya akan cenderung sepi itu akan terjadi di bulan puasa . 
Memang harus di akui bahwa dalam setiap bisnis tidak selamanya omzet penjualan akan selalu stabil di atas dengan jumlah omzet yang besar, akan ada saatnya omzet penjualan turun menyesuaikan musim yang sedang terjadi. dalam kondisi tersebut memang harus dibutuhkan manajemen perhitungan skala periode untuk ,menganalisis dan mengantisipasi perkiraan di hari atau bulan-bulan apa saja yang akan cencerung mengalami peningkatan atau penurunan penjualan. sistem semacam ini memang tidaklah asing didalam suatu perusahaan yang berlevel besar, namun sistem ini masih sangat sedikit diterapkan dalam usaha-usaha kecil menengah, termasuk dalam usaha kuliner yang dijalankan oleh bapak yanto, beliau cenderung hanya melihat situasi bisnisnya dengan menggunakan analisis sederhana tanpa menggunakan sebuah data skala tertulis yang lebih matang atau kurang tersistem.
Maka dari hal itulah sosialisasi tentang penggunaan sistem skala periode tersebut perlu di tekankan lagi dalam usaha/bisnis warmindo milik pak yanto dan mungkin usaha-usaha kecil menengah lainya. Tujuanya adalah agar kita dapat mengantisipasi perhitungan tentang laba-rugi atau pemasukan dan pengeluaran tiap bulanya dengan lebih tersistem dan terorganisir.
To be continue…

0 comments:

Post a Comment