14.6.16

Ringkasan Artikel : "Sunscreen" yang Ramah Lingkungan seperti Apa?



Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Salah satu cara menjaga lingkungan, terutama di laut adalah menggunakan sunscreen yang tepat.Sunscreen, skin cream, dan insect repellent adalah beberapa jenis krim yang kerap digunakan turis saat berwisata. Jika sedang berwisata bahari seperti diving dan snorkeling, penting untuk Anda menggunakan sunscreen yang tepat dan tidak merusak lingkungan."Ini kesalahan hampir semua orang, menggunakan sunscreen tanpa melihat bahan-bahannya," tutur Nesha Ichida, Co-Founder & Director of Sustainability and Development Divers Clean Action, kepada KompasTravel, Senin (13/6/2016).

Divers Clean Action merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang kebersihan lingkungan terutama laut. Bersama dua orang lainnya, Nesha membuat panduan untuk para diver dan snorkeler agar tidak merusak biota laut saat sedang berwisata. Mereka sekaligus berupaya mengurangi sampah di perairan Indonesia.Nesha menjelaskan, bahan berbahaya yang kerap ditemukan pada sunscreen adalah Oxybenzone.

"Oxybenzone itu salah satu bahan berbahaya dan bisa merusak koral. Tidak cuma sunscreen tapi juga insect repellent dan krim tabir surya lainnya," tambah dia.Bahan kimia Oxybenzone ada di hampir semua jenis sunscreen. Oleh karena itu, Nesha mengimbau wisatawan untuk memilih dengan teliti."Satu orang yang pakai mungkin tidak berpengaruh. Tapi kalau seribu? Sejuta? Butuh waktu satu tahun lho untuk menumbuhkan satu sentimeter koral," papar dia.

Selain sunscreen, wisatawan juga harus pintar memilih sabun dan sampo. Pantangan paling utama adalah sabun atau sampo yang mengandung microbeads, butiran-butiran mungil yang sebetulnya terbuat dari plastik. "Microbeads itu terbuat dari plastik. Kebayang kan, jika jatuh ke laut kemudian dimakan ikan, ikannya kita makan. Sama saja dengan kita makan plastik," tutur Nesha.

Sumber            : Kompas | Senin, 13 Juni 2016
Penulis             : Sri Anindiati Nursastri

0 comments:

Post a Comment