23.6.16

Ringkasan artikel : Ternak Ayam Tebar Bau Busuk



Ringkasan artikel : Ternak Ayam Tebar Bau Busuk

Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Penyebab dari polusi udara ini bisa berasal dari sumber alami maupun kegiatan manusia. Salah satu dari kegiatan manusia yang menyebabkan polusi udara adalah usaha peternakan ayam didaerah Brebes. Peternakan ayam yang berada dekat dengan pemukiman penduduk ini menimbulkan bau busuk yang berasal dari kotoran ayam. Bau ini sangat mengganggu kesehatan warga yang berada di sekitar peternakan.

Apa dampak yang ditimbulkan dari polusi udara yang ditimbulkan oleh ternak ayam ini? Selain menebarkan bau busuk yang sangat mengganggu, banyak lalat ukuran besar yang bersumber dari peternakan itu masuk ke pemukiman warga sekitar. Bahkan, banyak warga yang terserang penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) akibat dari bau busuk tersebut. Di bidang pertanian, produktivitas bawang merah yang menjadi andalan dari masyarakat Brebes, mengalami kerugian karena air yang digunakan untuk pengairan tercemar oleh limbah peternakan. Usaha perikanan juga mengalami kerugian karena ikan banyak yang mati akibat airnya tercemar limbah peternakan.
Usaha apa yang sudah dilakukan untuk mencegah polusi udara ini semakin parah dan mengganggu? Warga telah membuat pengaduan kepada pemerintah desa untuk menindaklanjuti keberadaan usaha peternakan tersebut. Polusi dapat di minimalisir dengan pembuatan dan pengelolaan limbah yang dihasilkan oleh usaha ini, misal dengan membuat tempat penampungan kotoran yang aman, mendirikan tempat peternakan yang jauh dari pemukiman warga.

Sumber
Ryd (2016). Ternak ayam tebar bau busuk. Kedaulata Rakyat, Rabu 11 Mei 2016.

0 comments:

Post a Comment