14.6.16

Ringkasan Artikel : Seminar Nasional dan Workshop Love Sea Turtle Save Sea Ecosystem



Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

TRIBUNJOGJA, YOGYA - Kelompok Studi Biologi (KSB) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) akan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Workshop terkait konservasi Penyu, dengan tajuk "Love Sea Turtle Save Sea Ecosystem" Sabtu-Minggu (4-5/6/2016).

Kegiatan Seminar akan dilaksanakan di Jatayu Room Hotel Jayakarta Jl Laksda Adisucipto (4/6/2016).Sedangkan untuk workshop akan dihelat di Ruang Student Lounge Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas UAJY di Jl Babarsari, Sleman, Yogyakarta, Minggu (5/6/2016).

Kegiatan ini berkaca pada kenyataan bahwa populasi penyu di Indonesia turun 20-30% setiap tahunnya. Padahal, penyu berperan dalam ekosistem laut. Seperti memakan ubur-ubur yang merupakan predator bagi ikan berukuran kecil. Selain itu, kebiasaan penyu memakan terumbu karang dapat menjadikan karang yang telah rapuh dapat sehat kembali.

Menurut Ketua Panitia Seminar Nasional dan Workshop Andie Wijaya, pembicara di event Seminar Nasional tersebut adalah I B Windya Adnyana dari Universitas Udayana Bali, I Wayan Wirdnyana dari Bali Sea Turtle Society, Boy R Sidharta ahli Biologi Kelautan dari Fakultas Teknobiologi UAJY dan dari BKSDA Yogyakarta serta Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Yogyakarta.
Sedangkan pada acara workshop akan diisi oleh pembicara dari WWF yakni drh. Dwi Suprapti mengenai teknis pengelolaan konservasi penyu. Adapun sasaran dari kegiatan workshop adalah pengelola konservasi di Bantul."Diharapkan setelah seminar akan banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian penyu untuk masa depan dan bagi pengelola konservasi penyu diharapkan semakin baik dalam mengelola konservasi penyu," ujar Ketua Panitia acara, Andie Wijaya. (pdg)

Sumber          : Tribun Jogja | Sabtu, 04 Juni 2016

0 comments:

Post a Comment