22.6.16

RINGKASAN ARTIKEL : Memperbaiki Lingkungan , Memperbaiki Hidup



Chusnul Rizatul Untsa
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                Lingkungan memiliki peran besar terhaap kualitas hidup manusia. Lingkungan yang kondusif, nyaman, bersih, dan tidak menimbulkan penyakit tentu membuat hidup jauh lebih baik. Hal ini juga diyakini oleh sekelompok nelayan di daerah Nusa Tenggara Barat. Beberapa nelayan sering menggunakan cara lama untuk menangkap ikan, yaitu dengan menggunakan bom ikan. Cara ini tentu saja merusak lingkungan, karna ledakan yang diciptakan dari cara tersebut merusak terumbu karang dan biota laut. Jika terumbu karang rusak maka ekosistem laut juga akan ikut rusak. Selain merusak keindahan, ekosistem yang rusak akan berakibat buruk untuk jangka panjang nantinya. Pasir pantai terkikis dan tidak ada tempat tinggal untuk ikan – ikan dan biota laut.
                Menyadari akan dampak rusaknya ekosistem sekitar, sekelompok nelayan di Pantai Bangsring Samudra bahari menyulap lingkungan pantainya menjadi kawasan konservasi yang menarik. Namun hal itu tidaklah mudah, karna mengembalikan ekosistem yang erlanjur rusak membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga perlu penanganan berkelanjutan hingga nantinya. Kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup khususnya laut juga sangat dibutuhkan. Dan hal itu harus ditanamkan oleh seluruh masyarakat sekitar.
                Kesadaran masyarakat yang dulu hanya mau mencari ikan hanya dengan cara mengebom atau meracun harus dialihkan untuk mencari ikan dengan jala atau cara lain yang tidak merusak laut dan habitat ikan – ikan. Cara tersebut cukup sulit ditinggalkan masyarakat karna memab=ng dengan cara meracun dan bom ikan yang ditangkap jauh lebih banyak dan gampang. Namun Sukirno selaku anggota kelompok nelayan Samudra Bahari menjelaskan bahwa usaha kelompoknya tidak akan berhenti untuk menyadarkan masyarakat akan peningnya lingkungan.
                Usaha – usaha yang mereka lakukan diantaranya yaitu mulai dari pencangkokan terumbu karang untuk mengembalikan terumbu karang yang rusak. Memberikan pendidikan gratis untuk anak – anak nelayan agar tau ilmu ekosistem laut yang baik. Dengan menanamkan kepada anak – anak nelayan diharapkan konservasi ini dapat berkelanjutan kedepannya. Pengelolaan yang akan semakin baik di tahun – tahun mendatang akan dibebankan kepada generasi – generasi berikutnya, yaitu anak – anak nelayan.

Sumber :
NAW., (2016)., Memperbaiki Lingkungan, Memperbaiki Hidup., Kompas 24 Mei 2016 Hal 1

0 comments:

Post a Comment