24.6.16

RINGKASAN ARTIKEL : KEMENPERIN DORONG PERTUMBUHAN INDUSTRI SAWIT

RINGKASAN ARTIKEL :
KEMENPERIN DORONG
PERTUMBUHAN INDUSTRI SAWIT

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

            Kementrian Perindustrian akan terus mendorong dan mempertahankan agar industri sawit nasional tetap tumbuh. Alasannya, devisa yang dihasilkan industri crude palm oil (CPO) pada 2015 masih cukup tinggi. Pada tahun 2015 mencapai pemasukan yang besar yaitu sebesar 18 miliar dolar AS. Latar belakang Kemenperin untuk terus mendorong dan mempertahankan industri sawit tetap tumbuh yaitu akan jumlah tenaga kerja yang terserap pada industri tersebut  yang mencapai sekitar enam juta dan ini juga sebagai pemasukan besar bagi negara.
            Pemerintah harus lebih terbuka dan melibatkan dunia usaha terkait berbagai kebijakan industri strategis, seperti sawit. Apalagi
Indonesia merupakan pemain utama sawit dunia yang mampu menyerap tenaga kerja di dalam negeri dalam jumlah besar. Pemerintah juga memebri dukungan penuh bagi industri kelapa sawit yang terus menerus mengalami banyak tekanan dari luar negeri, mulai dari pengenaan pajak ekspor CPO hingga pembatasan lahan. Dengan kondisi tersebut, pemerintah jangan menambah masalah dengan membiarkan dunia usaha kebingungan terkait berbagai kebijakan-kebijakan yang terkesan tiba-tiba.
            Ekstensifikasi berupa perluasan lahan perkebunan sawit masih dibutuhkan karena saat ini luasan lahan sawit masih terbilang kecil hanya sekitar lima persen dari luas hutan, sawit inilah yang menjadi tumpuan perekonomian nasional. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mendorong industri yang mendukung penciptaaan lapangan pekerjaan. Intensifikasi perkebunan sawit yang diusulkan pemerintah hanyalah salah satu program utuk meningkatan produksi melalui peremajaan (re planting). Sementara itu, ekstensifikas merupakan cara lain yang harus tetap dilakukan agar Indonesia bisa mencapai mandiri pangan.

Sumber:
Fitri,Sonia & Muhammad Nursyamsi. (2016). Kemenperin Dorong Pertumbuhan Industri Sawit. Republika: 30 April 2016, halaman 6


0 comments:

Post a Comment