22.6.16

Ringkasan Artikel : Kampanye Konservasi Sungai, Magelang Gelar Festival Elo Progo 2016



Sri Mulyaningsih

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi ‘45


Sungai Elo Progo, merupakan sungai yang terkenal di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Sungai yang berada di kabupaten Magelang ini, terkenal dengan jeram – jeram ekstrimnya yang sangat memanjakan para penyuka refting. Bisa dibilang Elo adalah iconnya kota Magelang. Kurang afdol bila ke Magelang tetapi tidak mencoba kelokan Elo yang aduhai.

Sebagai sebuah icon, tentunya pemerintah daerah sangat memperhatikan sekali mengenai keindahan dan keasrian sungai Elo. Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Magelang, digelarlah Festival Elo Progo, pada hari Rabu 16 Maret sampai 1 April 2016. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT ke – 32 kota Mungkid, Magelang.

Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar Festival Elo Porgo 2016 sebagai upaya promosi wisata alternatif sekaligus konservasi sungai Elo dan Progo.  Festival ini merupakan yang pertama kali digelar di Kabupaten Magelang.  Bupati Magelang Zaenal Arifin membuka langsung festival yang akan digelar mulai Rabu pagi di kawasan sungai Elo. Orang nomor satu di Kabupaten Magelang itu menebar benih ikan di sungai tersebut. Selain itu, Zaenal bersama jajarannya juga langsung mencoba olahraga rafting atau arung jeram yang selama ini menjadi unggulan. 

Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten Magelang Sri Hartini menjelaskan, tujuan utama festival ini adalah untuk menanamkan budaya cinta lingkungan, terutama sungai yang menjadi habitat ribuan ikan dan beragam tumbuhan. Tidak pula membuang sampah ke sungai. Tidak merusak tanaman, karena sungai juga menjadi sumber kehidupan bagi manusia sekitarnya. Selain itu, festival ini juga untuk sosialisasi gerakan gemar makan ikan (gemarikan) kepada masyarakat. Ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang murah dan mudah didapatkan di sungai.

Tidak hanya menebar benih dan refting yang disajikan dalam Festival Elo. Ada berbagai macam acara yang diadakan dalam festival ini, antara lain, senam massal tanggal 18 Maret, pentas seni tanggal 22 dan 23 maret, festival kuliner dan kria tanggal 24-26 Maret serta wayang kulit tanggal 1 April di Lapangan drh Soepardi Kabupaten Magelang. Selain itu, ada kemah budaya di kantor TIC tanggal 29 hingga 30 Maret serta lomba mewarnai di Taman Rekreasi Mendut tanggal 24 Maret dan, lomba foto dengan tema kegiatan yang diadakan pada festival tersebut.

Sumber : Ika, (2016), Kampanye Konservasi Sungai, Magelang Gelar Festival Elo Progo 2016, Kompas 16 Maret 2016







0 comments:

Post a Comment