25.6.16

RINGKASAN ARTIKEL : JOKOWI DORONG BURUH HIDUP SEJAHTERA

Jokowi Dorong Buruh Hidup Sejahtera

Wahyu Relisa Ningrum
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



     Hari Buruh Internasional diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tahun 2016, peringatan ini berbeda dari sebelumnya, yaitu diisi dengan jalan sehat dan diskusi bersama. Dalam peringatan May Day, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa “Buruh Indonesia harus kompetitif dan hidup sejahtera. Selamat hari Buruh Internasional”.
Di Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X ikut jalan sehat dengan buruh. Di Kota Kembang Bandung, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri yang diikuti oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, meluncurkan bus gratis untuk buruh dengan bercat kuning dan biru. Program transportasi bagi buruh dapat memangkas ongkos transportasi buruh, sehingga dapat menghemat biaya bulanan transportasi.
Di Jakarta, massa buruh memilih turun ke jalan menuntuk kenaikan upah. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai, tuntutan kenaikan upah tidak berguna bila laju inflasi tidak bisa dibendung. Yang terpenting adalah bagaimana caranya produktivitas kamu tinggi, biaya hidup kami tekan, biayanya jadi murah sehingga anda dapat gaji yang tidak besar pun, sisanya banyak yang bisa untuk ditabung.

Sumber tulisan : tribunnews/kps/ryo. (2016). Jokowi Dorong Buruh Hidup Sejahtera. Tribun Jogja. 2 Mei, halaman 11.


0 comments:

Post a Comment