24.6.16

RINGKASAN ARTIKEL “JANGAN LARANG ANAK KENAL INTERNET”

RINGKASAN ARTIKEL “JANGAN LARANG ANAK KENAL INTERNET”
SITI ASMAUL HUSNA
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARATA


Jangan larang anak untuk mengenal internet adalah maksud dari pendampingan orangtua solusi cerdas mengasuh sang buah hati di Era Digital ini. Bukan dengan melarang, namun dengan mendampinginya. Karena tidak ada gunanya menjauhkan anak dari teknologi, sedangkan saat ini mereka tumbuh dan besar di era digital yang serba canggih. Meski kehidupan anak zaman dulu dan sekarang berbeda,
bukan berarti orang tua tidak dapat melakukan apa pun untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadget. Tidak sedikit orangtua yang gagap teknologi alias gaptek. Akibatnya orangtua lepas tangan dan tidak melakukan pengawasan kepada anak yang dengan bebas berselancar di dunia maya.
Keluarga harus tau fitur yang ada di gadget, serta paham internet. Kesalahan yang berkembang di kita adalah justru banggan ketika anak sudah bisa mengoprasikan gadget dan internet seorang diri, padahal kita tidak tahu apakah yang digunakan positif atau negatif. Pendampingan orangtua menjadi solusi terbaik untuk saat ini. Orangtua menyadari bahwa setiap anak tumbuh dengan trennya masing – masing, termasuk tren bermain gadget dan internet di zaman sekarang. Orangtua juga perlu cerdas dan memutar otak untuk bisa mengalihkan perhatian anak agar tidak terus menerus menghabiskan waktu dengan gadget.


(Kur, Tribun Jogja) Senin, 18 April 2016

0 comments:

Post a Comment