24.6.16

Ringkasan Artikel : Infrastruktur Memadai, Syarat Mutlak Wisata




Chusnul Rizatul Unsya
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                Infrastruktur dinilai tombak dari majunya sebuah daerah wisata. Karna melalui infrastruktur pula para wisatawan memilih tujuan wisata. Hal ini juga yang di terapkan pada kawasan – kawasan di selatan Jawa Barat. Kini jalan lintas selatan Jawa Barat  hampir semua wilayah membantu wisatawan menikmati keindahan pesisir selatan. Dikarenakan jalan yang sudah bagus dan aman. Perjalanan ratusan kilometer di sisi selatan Jawa Barat itu hingga beberapa tahun lalu tak mungkin dilakukan dengan nyaman, sebab kondisi infrastruktur yang sangat rusak. Banyak jalan putus dan belum tersambung. Namun kini jalanan mulus membentang mulai dari Pangandaran hingga Pelabuhan Ratu. Meskipun belum keseluruhan mulus di beberapa titik, secara keseluruhan terbilang jauh lebih nyaman. Perbaikan di Propinsi banten juga membantu wisatawan untuk mengunjungii ke kawasan itu.
                Kondisi infrastruktur yang mendukung tentu mendukung pertumbuhan industri pariwisata di Pulau Jawa. Kondisi jalan di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur sudah lebih dulu melakukan perbaikan. Dan sekarang seluruh jalan lintas di jalur selatan Jawa bisa digunakan dengan nyaman. Sehingga memberikan alternatif lain untuk para wisatawan memilih jalur pantura atau Pantai Utara Jawa yang sering terjadi kemacetan di beberapa titik. Sehingga dengan kenyamanan yang di tawarakn pemerintah di Jalur Lintas Pantai Selatan diharapkan memberikan pilihan kenyamanan bagi para wisatawan yang melintasi Jawa Timur ke Barat atau sebaliknya.
                Infrastruktur merupakan syarat mutlak bagi penambahan kunjungan wisatawan diiringi dengan fasilitas pendukung. Cara semacam ini dinilai ampuh untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi kawasan tersebut. Sehingga beberapa daerah potensial wisata di Indonesia pun turut memperbaiki infrastrukturnya. Bukan hanya dengan keadaan jalan namun juga fasilitas lain, seperti di Pulau waigeo yang membangun bandara yang diharapkan akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat. Begitu juga Pulau Sarmi di Papua yang memberikan fasilitas lingkungan bersih dan pasir putih yang masih alami untuk menjadikan destinasi baru wisata.
                Wisatawan yang banyak berkunjung akan memperbaiki ekonomi daerah. Menumbuhkan perbaikan keidupan masyarakat di kawasan tersebut. Bisa jadi dengan wisatawanyang betah berlama – lama menetap maka akan banyak devisa diraih. Sasaran itulah yang kini sedang di kejar pemerintah – pemerintah daerah dengan sektor wisata tinggi.


Sumber :

Mulyono, Agus., (2016) Infrastruktur Memadai, Syarat Mutlak Wisata., Kompas., selasa 22 Desember hal 6

0 comments:

Post a Comment