24.6.16

RINGKASAN ARTIKEL :
Industri Kreatif :
DIBUTUHKAN SKEMA
PENDANAAN JANGKA PANJANG

DELIANA VICRIA NURACHYANI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA

          Skema pendanaan jangka panjang dibutuhkan untuk membantu pengembangan rintisan usaha di bidang teknologi. Skema ini di anggap cocok dengan karakteristik bisnis sektor digital. Membangun wirausaha di bidang teknologi memerlukan permmodalan tidak biasa yang mendorong upaya pendanaan lain, yakn skema jangka panajng melalui PMV (perusahaan modal ventura).
            Peraturan OJK
ini memberikan terobosan, yaitu PMV diperbolehkan mengelola dana modal ventura yang berasal dari masyarakat. Sebelumnya, sumber dana modal ventura umumnya datang dari perbankan. Dengan begitu, sejak awal para investor sadar bahwa dananya digunakan untuk membiayai industri kreatif berisiko tinggi seperti rintisan usaha (start up) di bidang teknologi.
            Tujuan insentif pajak menarik lebih banyak investor masuk, baik dananya dialirkan ke PMV maupuntidak. Di sisi lain, investif itu juga berdampak positif kepada pengembangan rintisan usaha lokal. Aplikasi digital akan enjadi salah satu subsektor eknomi kreatif yang potensial pada masa mendatang. Di luar itu, ada film, animasi, video, dan musik.

            Insentif pajak bagi PMV  akan berdampak positif. Saat ini sejumlah PMV asing beramai-ramai melakuakan penyertaan saham di rintisan usaha Indonesia. Hal tersebut menandakan potensi industri digital menarik di tingkat internasional.

Sumber : KOMPAS (Sabtu, 26 Maret 2016)

0 comments:

Post a Comment