23.6.16

Ringakasan Artikel : Ombak Besar Di Pesisir Selatan Jawa




Chusnul Rizatul Unsya
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                Pesisir pantai selatan Jawa sangat terkenal akan ombaknya yang indah. Tak heran jika hampir semua pantai di pesisir selatan Jawa menjadi obyek wisata karna keindahan pantainya. Namun minggu – minggu terakhir bulan Mei ini cuaca sedang tidak bersahabat. Bahkan menunjukkan kerusakan abrasi di beberapa titik akibat ombak besar. Ombak setinggi 4 sampai 5 meter menerjang bibir pantai. Khususnya daerah KulonProgo dengan puluhan obyek wisata pantainya yang keren terpakasa harus di tutup karna membahayakan pengunjung. Bukan hanya pengunjung yang merasa kecewa namun juga para nelayan yang harus rela perahu – perahunya rusak di hantam ombak.
                Di pantai Glagah misalnya, ombak besar dan air pasang sampai melompati laguna. Beberapa bangunan pedagang rusak bagian pondasi terkena abrasi. Akhirnya pedagang menutup kios – kiosnya karna khawatir air masuk dan meursak dagangan mereka. Sebagian tembon laguna juga sudah terlihat terkikis.
                Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika kondisi cuaca Yogyakarta masih berpeluang hujan sedang. Khususnya kawasan selatan dan barat. Gelombang tinggi diperkirakan masih akan berlangsung sampai awal Juni. Potensi angin yang sangat besar di pesisir pantai selatan Yogyakarta dipicu tekanan rendah di selatan Sumatra sehinggan menyebabkan ombak besar. Aktivitas masyarakat nelayan terpakasa dihentikan karena sangat berbahaya.
                Dari artikel diatas kita dapat mengambil pelajaran. Bahwasannya cuaca ekstrim yang tidak terduga harus kita antisipasi sebelumya. Seperti badan yang sudah bertanggung jawab mensosialisasikan sebelumnya. Supaya diharapkan tidak jatuh korban pada kejadian berlangsung.

Sumber :

Tom., (2106)., Gelombang Tinggi hingga Tiga Hari Menatang, Jawa Pos., hal 4 26 Mei

0 comments:

Post a Comment