24.6.16

Review Film: The Story Of Bottled Water

The Story Of Bottled Water

Muhammad Duha Saputra Kusnadi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
             
Film ini menceritakan mengenai dampak lingkungan yang disebabkan karena banyaknya limbah botol plastik yang disebabkan banyak masyarakat mengkonsumsi air mineral dalam kemasan botol. Selain itu di film ini juga diungkapkan beberapa hal menarik diantaranya sejarah awal yang menyebabkan adanya perusahaan yang membuat air mineral dalam kemasan botol plastik sampai bagaimana cara penanganan limbah dari botol plastik tersebut serta adanya iklan yang dapat menarik banyak minat masyarakat untuk membeli air dalam kemasan botol plastik.

Sebelum adanya minuman dalam kemasan botol plastik masyarakat minum air mineral menggunakan gelas, botol kaca bahkan ada dibeberapa Negara yang menyiapkan air pancuran untuk minum ditengah kota dengan masyarakat tinggal menekan keran dan air keluar memancur. Namun seiring perkembangan zaman serba menggunakan teknologi maka saat itu ada perusahaan yang membuat air mineral dalam kemasan botol plastik. Tujuan mereka membuat air mineral dalam kemasan adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengkonsumsi air mineral yang dimana air mineral dalam kemasan botol plastik dapat dibawa kemana saja dan kapan saja. Pada awal perusahaan membuat air mineral dalam kemasan belum begitu banyak masyarakat yang berminat untuk membelinya diberbagai supermarket yang ada, namun seiring perkembangan dari waktu ke waktu perusahaan mencari ide lain supaya usahanya laku keras di pasaran. Salah satu yang dilakukan oleh produsen adalah dengan membuat sebuah iklan yang menarik sehingga masyarakat akan banyak yang berminat membeli produknya.
Salah satu iklan atau promosi yang dilakukan adalah dengan mengatakan bahwa air mineral dalam kemasan botol plastik ini lebih mudah dibawa kemana saja dan kapan saja serta produsen menambahkan kata-kata menarik lainnya adalah “Air mineral dalam kemasan ini jauh lebih sehat dari pada air keran yang ada saat ini”. Iklan seperti inilah yang menyebabkan mulai banyak masyarakat yang beralih mengkonsumsi air mineral dalam kemasan botol plastik. Semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi air mineral dalam kemasan ini semakin besar keuntungan yang didapat oleh perusahaan itu sendiri. Selepas mengenai keuntungan besar yang diperoleh perusahaan tersebut muncul masalah baru yang berpengaruh terhadap lingkungan. Masalah yang muncul adalah limbah botol plastik sisa minuman yang dibuang oleh masyarakat tersebut menjadi menumpuk banyak di pinggiran kota-kota.
Botol plastik yang dibuang ini dikumpulkan ditempat pembuangan sampah akhir dan didaur ulang. Namun tidak bisa semua botol didaur ulang dan perusahaan tidak memikirkan hal tersebut karena mereka sibuk mencari keuntungan besar dari penjualan air mineral dalam kemasan. Hal inilah yang saat ini menjadi masalah diberbagai Negara adalah penanganan limbah botol plastik sisa minuman air mineral. Bahkan sebenarnya banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa air mineral yang mereka konsumsi dalam kemasan botol plastik adalah sama dengan air keran yang ada di rumah dan di kota-kota, ini disebabkan karena masyarakat tertarik dengan iklan yang ditayangkan oleh perusahaan tersebut.

0 comments:

Post a Comment