24.6.16

PEER CURE 10 : PELAJARAN DARI IBU PENJUAL KORAN (kesimpulan)


PELAJARAN DARI IBU PENJUAL KORAN

Deliana Vicria Nurachyani
Fakultas Psikologi
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

            Di semester ini mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi mengajarkanku tentang sosok luar biasa, melalui ibu berumur 57 tahun ini masih tetap bekerja sebagai penjual koran di perempatan Timoho. Karena saya bekerja di seputaran Timoho tak heran lagi di perempatan itu aku selalu melihat beliau. Sekitar pukul 6.00 pagi beliau sudah menjajakan dagangannya. Sudah lama saya mengagumi ibu itu. Sangat kagum. Meskiupun sudah renta namun ibu ini tidak memilih untuk meminta-minta di usianya saat ini. Karena hal ini aku sering membayangkan jikalau ibuku yang sudah tua bekerja sebagai penjual koran, akankah aku tega melihatnya? Oh, aku jadi sangat merindukan ibuku di rumah.
            Dalam tugas ini
memberikanku kesempatan untuk sekedar bercengrama dengan beliau mengenai kegigihannya. Ibu ini memberikan pelajaran yang sangat berharga meskipun sudah di makan usia beliau tetap beraktivitas membanting tulang untuk keluarganya. Semenjak sang suami meninggal dunia, ibu inilah yanng menggantikan tugas sang suami dengan mencari nafkah untuk keluarganya. Saat ini anak-anak beliau sudah tumbuh dewasa dan mampu bekerja sendiri, meskipun anak-anaknya sempat melarangnaya berjualan koran akan tetapi ibu ini tetp berjualan karena alasan tugas sebagai orang tua, beliau tetap mencari nafkah untuk anak-anaknya hingga tugas sebagai orang tuannya telah usai.
            Di perempatan Timoho Itu mengajarknku kehebatan sosok ibu. Beruntunglah ku terlahir sebagai wanita yang kelak juga akan menjadi ibu bagi anak-anakku. Semoga aku bisa menjadi teladan bagi mereka. Banyak sekali wejangan dari beliau untukku, aku bisa belajar dari banyak hal bahkan dari seorang ibu yang hanya berjualan koran. Beliau mungkkin bukan seorang dosen yang berpendidikan tinggi bukan artis yang banyak di kenal ataupun bukan ustadzah yang nasehatnya selalu didengar tapi dari beliau aku belajar arti sebuah perjuangan kasih sayang, usaha, ketabahan, rasa syukur, kesahajaan, dan keikhlasan. Semoga aku bisa bertemu dengan lebih banyak orang yang memberi insiprasi yang bisa aku ambil pelajaran hidupnya.  

0 comments:

Post a Comment