14.6.16

Kesuksesan Terbentuk dari Peluang dan Pantang Menyerah

Achmad Rusdiyan Yazid
153104101116
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

“Dalam Setahun Pertama Kita Tidak Punya Pemasukan Sama Sekali.” - Bong
Diatas adalah jawaban dari teman saya, panggil saja dia Bong. Dia ini adalah penulis, copywriter, dan HRD (Human Resources Departement) salah satu perusahaan penerbitan buku. Waktu itu saya bertanya pada dia, bagaimana memulai bisnis buku?
Dia menjawab, “Dalam setahun pertama kita tidak punya pemasukan sama sekali.” Dia melanjutkan, “Selama itu kita fokus nulis, nulis, dan nulis.” Memang yang saya tahu, penerbitan buku ini awalnya adalah sebuah situs micro blogger yang sudah memiliki ratusan tulisan dan tentu saja sudah memiliki pembaca yang lumayan banyak.
Yang bikin saya sempat tercengang adalah, setahun tidak ada pemasukan sama sekali. Sedangkan saya tahu waktu itu perusahaannya sudah memiliki penulis tetap yang digaji. Loh kok bisa ?
Bisa, karena perusahaan ini memulai bisnis sebagai startup. Menurut Wikipedia, Startup adalah Perusahaan rintisan, merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dalam penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.
Jadi, penerbitan kawan saya ini selama satu tahun mencari target pasar yang pas. Waktu itu memang sempat memiliki banyak blogsite dengan type tulisan yang berbeda-beda dengan target pasar yang berbeda pula. Semakin pusing kan, bagaimana cara mendapatkan pembiayaannya?
Usut punya usut ternyata pembiayaannya dari kocek pribadi alias modal sendiri, hingga akhirnya mampu menemukan target pasar yang pas. Mampu mentransformasi dari awalnya blogsite, sekarang menjadi penerbitan buku. Hingga buku-bukunnya laris manis dan menjadi best seller.
Melihat, cerita dari teman saya. Saya berpendapat bahwa kesuksesan bisa diraih dengan kegigihan dan rasa pantang menyerah. Selain itu juga perlu kejelian dalam melihat peluang dan siap dengan perubahan yang sewaktu-waktu terjadi.
Tetap semangat dan temukan peluangmu !



0 comments:

Post a Comment