26.6.16

RESENSI ARTIKEL: Indonesia Pasar Potensial bagi Kapal Pesiar


 Melinda Rahail
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Indonesia saat ini menjadi pasar potensial bagi penawaran paket wisata menggunakan kapal pesiar. Jumlah warga Negara Indonesia yang berwisata dengan menggunakan kapal pesiar, baik yang berangkat dari kawasan Asia Tenggara maupun dari kawasan lain terus meningkat.


Tumbuhnya kelas menengah dan perkembangan gaya hidup warga di Indonesia membuat tak sedikit warganya yang menggunakan kappa pesiar (cruise). Dan hal ini diakui oleh Direktur Sales Asia Tenggara Norwegian Cruise Line Holding Ltd Constance Seck serta pimpinan Cruise Centre Jhonny Cruises Riviera dari Athena, Yunani, Senin (9/5)


Kapal pesiar Riviera yang berkategori bintang lima plus mengangkat sekitar 1000 penumpang, diantaranya terdapat sejumlah keluarga Indonesia. Menurut Jhonny, setiap tahun jumlah penumpang kapal pesiar Indonesia tumbuh tak kurang dari 15 persen. Apalagi saat ini kapal pesiar internasional mengunjungi Bali, Semarang, Jakarta dan Makassar.

Walaupun jumlah penumpang kapal pesiar yang berasal dari Indonesia masih kalah dibandingkan dengan jumlah wisatawan dari Tiongkok, namun ada kemungkinan terjadi peningatan penumpang kapal pesiar dari Indonesia. Hal ini dikarenakan gaya hidup warga negara Indonesia yang bisa menikmati hidup.


Sumber:    Kompas, 11 Mei 2016
                    halaman 19


0 comments:

Post a Comment