11.5.16

Ringkasan Artikel : Pemulihan DAS

Cirasea, Potret Pemulihan Citarum
Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Pemulihan adalah cara yang dilakukan untuk mengembalikan, memperbarui, mengembalikan atau memperbaiki keadaan atau kegunaan sesuatu sehingga menjadi seperti asalnya atau bahkan bisa lebih baik dari semula. Tidak adanya tanaman kayu yang berakar kuat, yang berada didaerah sekitar DAS Citarum-Ciliwung KLHK, justru berubah berubah menjadi areal pertanian sayur, palawija, dan tanaman rempah, membuat pemerintah berencana melakukan pengelolaan dan pemulihan DAS Citarum-Ciliwung KLHK.
Kini kawasan tersebut sudah mulai di tanami tanaman keras, seperti jati putih/gamalina dan sengon. Program tersebut bernama Quick Wins, program ini juga menyentuh konservasi tanah untuk mengurangi laju air permukaan dan menambah cadangan air daerah setempat.

Meski program itu baik,namun Cirasea baru sekelumit dari lahan yang harus dipulihkan di Citarum selain sub-DAS Ciwidey, Cisangkuy, Cihaur, dan Ciminyak. Sehingga pemulihan kondisi DAS Citarum Hulu tidak bisa dilakukan sendiri tapi juga harus mendaptkan bantuan dari pemerintah dan masyarakat sekitar, karena kerusakan bertahun-tahun itu butuh dikeroyok berbagai pihak agar sumber air utama Jakarta tersebut dapat membaik.
Pemulihan DAS melalui penanaman ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo pada 29 November 2014 saat memimpin Hari Menanam Pohon Indonesia 2014 dan Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon. Penghijauan kawasan Hulu adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan.


Sumber : Susanto, Ichwan. (2016). Pemulihan DAS : Cirasea, Potret Pemulihan Citarum . Kompas, 15 April. Halaman : 14.

0 comments:

Post a Comment