11.5.16

Ringkasan Artikel : Pembangunan Sanitasi

Dunia Usaha Ditantang Manfaatkan CSR

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Pembangunan sanitasi adalah salah satu komponen Program Urban Sanitation and Rural Infrastructure (USRI) yang diselenggarakan sebagai program pendukung PNPM-Mandiri.
Pembangunan sanitasi dan air bersih salah satu fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Sanitasi dan air bersih adalah unsur penting menjaga kesehatan warga.
Dana CSR oleh PDAM digunakan untuk membangun 200 jamban di lima desa, yaitu Desa Bismo, Tambak Boyo, Kalisari, Besani, dan Wonobodro. Seiring keberadaan jamban, diharapkan dapat mengubah kebiasaan warga yang buang air kecil dan besar di sungai.

Maksud dari program pembangunan sanitasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui penyediaan sarana sanitasi. Tujuannya dapat meningkatkan kesadaran sanitasi dan promosi praktik hidup bersih dan sehat masyarakat. Meningkatnya kapasitas masyarakat dan lembaga masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan layanan sanitasi yang berkelanjutan, karena tersedianya system sanitasi komunal yang berkualitas, berwawasan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.
Dengan program pembangunan sanitasi ini diharapkan tidak ada lagi warga yang buang air sembarangan dan tidak ada lagi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.


Sumber : CII. (2016). Pembangunan Sanitasi : Dunia Usaha Ditantang Manfaatkan CSR. Kompas, 08 April. Halaman : 14.

0 comments:

Post a Comment